Surya Paloh Bertamu ke Kantor Golkar, Hasilkan Kesepakatan Bersama, Soal Apa?

Golkar-dan-NasDem.jpg
(Suara.com/Bagaskara)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh.

Pertemuan menghasilkan kesepakatan yakni sama-sama bersyukur sebagai partai pendukung pemerintah berhasil menghadapi berbagai kondisi yang dirasakan Indonesia.

Airlangga awalnya menyampaikan, banyak hal yang dibahas dengan Surya Paloh. Namun, ada hal yang bisa disampaikan ke publik ada pula yang tertutup.

Menurutnya, dalam pertemuan itu pertama Surya Paloh mengajak Golkar untuk bisa bersyukur usai Indonesia tiga tahun menghadapi ketidakpastian.

"Kita tidak tahu terkait dengan Covid caranya bagaimana dan juga terkait dengan menghadapi tekanan perekonomian dalam 3 tahun. Alhamdulillah dengan modal pokok stabilitas politik dari partai pendukung bapak Presiden Joko Widodo termasuk di sini Partai Golkar dan Partai Nasdem kita bisa melampaui badai," kata Airlangga usai pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2023).

Kemudian yang kedua, menurutnya, NasDem dan Golkar sama menghadapi ketidakpastian ke depan. Terutama soal menghadapi Pemilu 2024.

"Ini juga masuk di dalam tahun politik tetapi kita bersepakat bahwa partai politik pendukung bapak Presiden harus tetap solid. karena ini adalah momentum yang nggak boleh kita lepaskan," tuturnya.

Kemudian Menko bidang Perekonomian itu menyebut, Indonesia sedang mendapatkan momentum kepercayaan dunia pasca KTT G20. Menurutnya, berkaitan dengan itu penting kedua partai berkewajiban menjaga stabilitas politik.


Terlebih dalam mensukseskan program-program pemerintah, misalnya soal aturan penyelenggaraan pemilu di wilayah pemekaran baru di Papua.

Hal itu semua, kata Airlangga, akhirnya kedua partai sama-sama bersepakat bisa bersyukur melewati dinamika dengan baik.

"Jadi tadi kesepakatannya kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala sebagai dua partai politik bahwa kita bisa melalui dengan baik dan untuk itu komunikasi wajib hukumnya. Sehingga kita saling tahu dan saling ada pengertian itu yang pertama," pungkasnya.

Pertemuan

Sebelumnya Surya Paloh menyampaikan agenda pertemuannya dengan Airlangga untuk membahas hal-hal yang baik.

"Nanti kita akan bicara. Saya pikir hal yang baik," kata Surya di lokasi.

Berdasarkan pantauan Suara.com di lokasi Surya Paloh tiba di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, pada pukul 11.00 WIB. Tampak Surya didampingi oleh Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate hingga Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto.

Kedatangan jajaran NasDem tersebut disambut langsung oleh Airlangga dan jajaran elite Golkar lainnya.

Adapun Airlangga menjelaskan, agenda pertemuan ini merupakan silaturami lanjutan antar kedua partai politik.

"Tentu ini kan silaturami lanjutan sesudah Partai Golkar datang ke Partai NasDem. Jadi ini pertama kali pak Surya Paloh berkunjung ke Partai Golkar pasca covid," kata Airlangga di lokasi

Sementara itu, ketika ditanya soal apa yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut, Airlangga hanya menjawab secara diplomatis.

"Pertama tentu terkait dengan posisi dari Partai Golkar dan NasDem. Kedua silaturami kan berlanjutan Partai NasDem tentu sebagian besar juga alumni pakai Golkar," tuturnya.

Adapun saat ditanya soal kemungkinan membahas kerja sama atau koalisi untuk Pilpres 2024, Airlangga menyebut hal tersebut akan jadi pembahasan.

"Nanti kita bahas," pungkasnya.