Gibran Ngobrol Bareng Prabowo Soal Pilgub Jateng, PDIP Bilang Begini

Hasto-Kristiyanto9.jpg
([Suara.com/Bagaskara])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dirumorkan maju dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub.

PDIP lewat Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, turut berkomentar menanggapi soal niat tersebut.

Hasto mengatakan, memang seluruh kader PDIP harus bisa mempersiapkan diri, terlebih untuk menjadi seorang calon pemimpin.

"Bagi PDIP seluruh kader itu harus mempersiapkan diri menggembleng, harus membuat legacy ketika ditugaskan," kata Hasto kepada wartawan, Sabtu (28/1/2023).

Hasto menyampaikan, posisi Gibran sebagai Wali Kota Solo kekinian memang akan dipertimbangkan untuk menentukan langkahnya ke depan, termasuk soal langkah untuk maju di Pilgub.

"Mas Gibran saat ini sebagai Wali Kota Solo, apa yang Mas Gibran lakukan, prestasi sebagai Wali Kota Solo, tentu saja menjadi bahan evaluasi dari partai di dalam menentukan tugas-tugas selanjutnya dan itulah yang dilakukan," ungkapnya.

Ia menyampaikan, PDIP terus melakukan peningkatan kualitas kepala daerah. Hal itu dilakukan secara periodik.


Sementara ketika ditanya soal peluang Gibran maju di Pilgub sudah cocok atau tidak, Hasto menilai hal tersebut akan ditentukan oleh masyarakat.

"Yang cocok atau tidak kan rakyat, nanti ada ukurannya prestasinya bagaimana di Solo, itu yg harus dilakukan terlebih dahulu," pungkasnya.

Maju Pilgub

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan dukungan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju sebagai gubernur di Pilkada 2024. Dukungan itu rupanya semakin membuat putra sulung Presiden Jokowi ini menjadi percaya diri.

Gibran sendiri memang baru saja menemui Prabowo dan makan malam bersama di Rumah Dinas Loji Gandrung, Solo, Selasa (24/1/2023). Pertemuan itu dimanfaatkan Gibran untuk berdiskusi dengan Prabowo secara empat mata mengenai persiapan Pilgub 2024.

"Ada dong (pembahasan Pilgub dengan Prabowo), sudah secara empat mata. Kalau nggak bahas itu rugi no," kata Gibran, Selasa (24/1/2024).


Menurutnya, rugi jika bertemu dengan salah satu politikus terbesar di Tanah Air, dan tidak membahas mengenai Pilkada 2024. Gibran sendiri mengaku mendapatkan dukungan dari Prabowo untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"(Sarannya Prabowo) maju. Wis dijelaske wingi to (sudah dijelaskan kemarin kan), maju (jadi calon gubernur)," beber Gibran.

Gibran sendiri masih mempertimbangkan apakah akan maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta atau Jawa Tengah. Terlepas dari itu, ia rupanya cukup percaya diri setelah mendapatkan lampu hijau dan dukungan dari manta rival Jokowi tersebut.

Dukungan itu, kata Gibran, membuat peluang dirinya untuk maju sebagai pemimpin provinsi menjadi tidak berat karena bisa bergotong royong dikutip dari suara.com