41 Kapal Perang TNI AL Bakal Diremajakan

Kapal-perang-tni-al.jpg
(Liputan6.com/Abdul Rajab Umar)

RIAU ONLINE - Sebanyak 41 KRI TNI Angkatan Laut (AL) akan dilakukan peremajaan hingga peningkatan teknologi oleh TNI AL. Hal ini sesuai dengan perencanaan Kementerian Pertahanan.

Kepala Staf TNI AL, Muhammad Ali, mengatakan saat ini pihaknya akan melakukan peremajaan terlebih dahulu terhadap sejumlah kapal. Terutama, kapal yang sudah tua.

"Kapal-kapal perang kita terutama yang sudah tua, itu akan ada peremajaan, dan sebagian mungkin mid-life modernization. Mungkin delapan dulu," ungkapnya, dikutip dari Liputan6.com, Senin, 16 Januari 2023.

Peremajaan terhadap sejumlah kapal perang itu, kata Ali tentunya akan disesuaikan dengan pendanaan kapal yang ada dalam pemerintahan dengan pihak swasta.

"Kita juga menyesuaikan dengan galangan-galangan kapal yang ada di Indonesia baik galangan BUMN maupun galangan-galangan kapal swasta," tutur dia.


Ali sebelumnya sempat membahas pembangunan kekuatan Matra laut dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Saat itu, Prabowo menyampaikan akan senantiasa melaksanakan berbagai uapaya untuk penguatan TNI Matra Laut guna menjamin kedaulatan NKRI di wilayah perairan.

Kini sebanyak 41 KRI TNI AL tengah menjalankan perbaikan dan peningkapan kemampuan agar siap tempur. Hal ini dlaksanakan melalui kerja sama dengan Industri Pertahanan dalam negeri, PT PAL Indonesia.