Heboh, Pulau di Mentawai Sumbar Dijual Situs Asing Seharga Rp 15 Miliar

Kabupaten-Kepulauan-Mentawai.jpg
(dok.instagram/@mentawaipedia/https://www.instagram.com/p/CIkyyI0J4VK/Komarudin via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Kabar jual beli pulau di Tanah Air kembali menghebohkan masyarakat Indonesia. Kali ini Pulau Panangalat yang terletak di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) dikabarkan dijual secara online di situs dari luar negeri.

Pulau kecil berpemandangan mengagumkan itu dibanderol dengan harga US$1,005 juta atau sekitar Rp15,57 miliar.

Situs informasi surfing berbahasa Inggris, Swellnet, menyebut bahwa harga tersebut untuk semua area. Namun, calon pembeli juga dapat membeli per kavling.

"Sebuah perusahaan bernama International Surf Properties mendaftarkan sebuah pulau di Mentawai Utara untuk dijual. Pulau ini, terkadang disebut A-Frames, adalah Pulau Panangalat," tulis situs tersebut, dikutip dari Suara.com, Kamis, 12 Januari 2023.

Swellnet menuliskan bahwa pembeli dapat membeli tanah di pulau itu atas nama mereka sendiri, dengan catatan di bawah lisensi perusahaan penanaman modal asing merujuk pada UU investasi Indonesia.


Menurut Swellnet, Pulau Panangalat diklaim International Surf Properties sebagai pulau dengan pemandangan luar biasa. Selain itu, akses yang mudah dan bisa menjadi lokasi tepat untuk berlibur para peselancar.

"Setelah Bandara Rokot Mentawai selesai dibangun akhir tahun ini (2022), para pelancong udara akan memiliki akses yang lebih besar ke Mentawai utara," sebut situs terkait.

Pulau Panangalat merupakan pulau tak berpenghuni yang masuk wilayah Kecamatan Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai, Sumbar. Pulau ini kerap menjadi salah satu lokasi peristirahatan bagi nelayan.