Sah Jadi Panglima TNI, Yudo Margono Resmi Gantikan Jenderal Andika Perkasa

pelantikan-panglima-TNI.jpg
(YouTube Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Laksamana TNI Yudo Margono resmi dilantik sebagai Panglima TNI. Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin, 19 Desember 2022.

Yudo resmi menggantikan Jenderal Andika Perkasa setelah mengucap sumpah jabatan di depan Jokowi.

"Apakah saudara bersedia diambil sumpah jabatan?," tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Yudo, dikutip dari Suara.com.

Yudo kemudian mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan oleh Jokowi. Adapun sumpah jabatan yang disampaikan yakni:


"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan RI yang berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit".

Usai mengucapkan sumpah jabatan, Yudo dan Jokowi menandatangani berita acara. Adapun Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi saksi pada proses tersebut.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan tongkat komando. Penyerahan tongkat komando menjadi simbol resminya Yudo menjadi Panglima TNI.

Pelantikan tersebut didasari oleh Keputusan Presiden RI Nomor 91 TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

"Memutuskan mengangkat Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.