Stok BBM Riau Dipastikan Aman Hingga Akhir Tahu

Susanto-August-Satri-pertamina.jpg
(Haslinda/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki momen Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pertamina Patra Niaga memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) hingga elpiji di Riau aman dan cukup untuk memenuhi keperluan masyarakat hingga akhir tahun ini.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Susanto August Satria mengatakan, pihaknya sudah membentuk Satgas nataru untuk Pertamina regional Sumbagut, yang berlaku mulai tanggal 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

"Kami mengimbau masyarakat untuk jangan khawatir. Karena stok BBM energi, elpiji dipastikan aman dan lancar. Kita akan salurkan setiap hari sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah," ujar Satria saat ditemui rekan media, Senin 19 Desember 2022.

Satria menyebut, untuk konsumsi Pertalite di Riau saat ini mencapai 2500 kiloliter per hari. Sedangkan Solar mencapai 2400 kiloliter per hari. Namun, jumlah tersebut akan ditambah 5 persennya untuk persiapan Nataru, disusul stok elpiji yang naik sekitar 3-5 persen.

"Ketahanan stok untuk Sumbagut sampai ke tiga minggu ke depan. Ini stok berjalan ya. Bukan deadstock," imbuhnya

Dijelaskan Satria, 3 SPBU Kantong di Riau yang berada di Kampar, Indragiri Hilir dan Rokan Hilir pun siap memenuhi keperluan bahan bakar khususnya di momen Nataru. Stok BBM di SPBU Kantong juga ditambah sesuai kuota yang ditetapkan.

"Meski begitu, kami meminta masyarakat untuk bijak menggunakan BBM. Kalau merasa berhak menggunakan BBM bersubsidi, daftarkan program Subsidi Tepat. Namun, bagi yang tidak berhak, jangan rampas hak masyarakat yang lebih berhak. Mobil mewah masa ngisi Pertalite," tegasnya.

Pihaknya mengaku terus melakukan edukasi terkait hal tersebut agar distribusi BBM bersubsidi bisa benar-benar tepat sasaran.