Google Doodle Rayakan Ultah Donald Pandiangan, Si Robin Hood Indonesia

Google-Doodle-Donald-Pandiangan.jpg
(Tangkapan layar pencarian Google)

RIAU ONLINE - Donald Pandiangan menjadi tema Google Doodle hari ini, Senin, 12 Desember 2022, yang bertepatan dengan ulang tahun ke-77 pria asal Indonesia itu. Donald Pandiangan adalah seorang pemanah Indonesia yang melatih tim panahan dan memenangkan medali Olimpiade pertama pada 1988.

Untuk merayakan ulang tahun Donald Pandiangan, Google menampilkan doodle ilustrasi Donald tersenyum dan dalam posisi memanah yang didominasi warna-warna cerah khas Google.

Sosok yang bernama lengkap Donald Djatunas Pandiangan telah memenangkan lebih dari 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panah di Pesta Olahraga Asia Tenggara, SEA Games. Berkat prestasinya itu, Donald dijuluki sebagai Robin Hood Indonesia.

Sebenarnya atlet panahan kelahiran 12 Desember 1945 di Sidikalang, Sumatera Utara, itu bercita-cita ingin menjadi insinyur. Namun, kondisi keuangan menghalanginya untuk menyelesaikan kuliahnya.

Donald lantas bekerja di sebuah perusahaan transportasi. Saat itu pula Donald menerima hadiah yang mengubah jalan hidupnya, yakni satu set panahan.


Donald yang memulai karirnya di usia 25 tahun jatuh cinta dengan olahraga panahan dan berlatih tanpa lelah. Tiga tahun kemudian, ia memenangkan medali emas pertamanya di Pekan Olahraga Nasional VIII (Pekan Olahraga Nasional Indonesia) 1973 di Surabaya.

Empat tahun kemudian, Donald memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70m pada PON IX 1977 di Jakarta, sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Pada 1977 dan 1987, Donal berkali-kali meraih medali emas di SEA Games. Pada 1980 Donald menempati puncak karirnya dan hampir berkompetisi di Olimpiade Musim Panas di Moskow, namun Indonesia memboikot acara itu sehingga Donald tak bisa hadir dalam perhelatan olahraga tersebut.

Berselang beberapa tahun kemudian, Donald mulai melatih tim panahan wanita untuk Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul, Korea Selatan. Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani meraih medali perak, yang untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia.

Hari ini wajah Donald Pandiangan hadir dalam bentuk ilustrasi di halaman utama pencarian Google di Indonesia. Saat ikon doodle Donald Pandiangan, seluruh artikel terkait Robin Hood Indonesia itu akan muncul.