Prabowo-Ganjar Disebut Menangi Pilpres Satu Putaran bila Mau Berpasangan

Ganjar-Prabowo.jpg
(kolase Riauonline)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Prabowo-Ganjar disebut menangi Pilpres satu putaran bila mau perpasangan. Hasil survei Lembaga Survei Jakarta memperlihatkan bahwa masyarakat sangat menantikan duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Berdasarkan analisis LSJ jika negarawan senior yang berpengalaman sekelas Prabowo Subianto berpasangan dengan tokoh muda yang enerjik dan populis seperti Ganjar Pranowo, potensi memenangkan Pilpres 2024 terbuka lebar," jelas Peneliti Senior LSJ, Iqbal Mawardi dikutip dari Wartaekonomi.co.id -- jaringan Suara.com, Kamis (8/12/2022).

Dalam survei, kekuatan Prabowo dan Ganjar disimulasikan secara head to head melawan pasangan manapun.

Namun, hasil membuktikan bahwa elektabilitasnya sulit untuk dibendung. Dua sosok yang di-endorse oleh Presiden Jokowi itu diprediksi bakal menang dalam satu putaran.


"Lebih dari itu jika pilpres cukup satu putaran saja energi bangsa ini bisa lekas difokuskan untuk mengatasi berbagai tantangan nasional maupun global yang diperkirakan bakal lebih pelik pasca-2024 nanti," lanjutnya.

"Jika ini terjadi, gabungan dua tokoh yang konon sama-sama di-endorse Presiden Jokowi itu berpotensi memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja," pungkas Iqbal.

Diketahui, survei tersebut digelar pada 15-26 November 2022 di 34 provinsi dengan populasi seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas.

Sampel diperoleh dari 1.220 responden melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap atau multistate random sampling.

Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuesioner.

Hasil survei mendapati batas kesalahan (margin of error) plus minus 2,81 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.