Jokowi Dukung Prabowo Subianto di Pilres 2022, PDIP Angkat Bicara

Hasto-Kristiyanto7.jpg
((Suara.com/Bagaskara))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jokowi dukung Prabowo Subianto di Pilres 2022, PDIP angkat bicara.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto ikut merespons soal ucapan Presiden Jokowi yang terang-terangan mendukung Prabowo Subianto. Tercatat sudah dua kali sang Presiden memberikan sinyal dukungan terhadap Ketum Gerindra itu.

Merespons hal itu, Hasto menilai apa yang disampaikan Jokowi itu adalah bagian dari memuji Prabowo dan partai politik untuk membangun harapan yang baik dalam Pilpres 2024.

Pasalnya, Hasto sendiri hadir secara langsung dalam acara HUT Perindo di mana Jokowi menyampaikan hal tersebut.

"Pak Jokowi menaungi dan tentunya partai politik untuk saling memuji, saling membangun harapan dalam kontestasi menuju Pilpres 2024," kata Hasto kepada wartawan, Rabu (9/11/2022).

Menurut dia, dalam acara tersebut Jokowi mengungkapkan proses pemenangan di hadapan Prabowo Subianto.

"Jadi itu sebagai bagian dari upaya untuk saling memuji, itu yang dilakukan Pak Jokowi, tapi semua kita tahu bahwa untuk menjadi presiden itu rakyat yang menentukan," katanya.

Hasto juga menilai, apa yang disampaikan Jokowi ke Prabowo tersebut bukan lah merupakan dukungan. Sebab, soal capres dan cawapres bisa menang Pilpres, merupakan pilihan dari rakyat secara langsung.


"Capres-cawapres yang mendukung kan rakyat melalui dukungan 50 persen plus 1 dan harus tersebar di 20 provinsi," kata Hasto

Giliran Jatah Prabowo

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terang-terangan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mendukungnya menjadi capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Jokowi menyatakan hal tersebut saat Perayaan HUT ke-8 Partai Perindo pada Senin (7/11/2022). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi secara frontal mengemukakan, jika Prabowo akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti dirinya.

"Kelihatannya setelah ini, jatahnya Pak Prabowo," kata Jokowi, setelah Prabowo yang hadir dalam agenda tersebut berdiri merespon perkataan Jokowi dengan memberikan hormat.

Jokowi sendiri pun tidak membantah jika perkataannya itu merupakan sinyal kuat bentuk dukungannya kepada Menteri Pertahanan (menhan) tersebut.

"Ya, diartikan sinyal, ya, boleh. Tapi kan saya ngomongnya juga... nggak apa-apa lah," katanya.

Sebelumnya, Jokowi sempat meminta maaf kepada Prabowo lantaran sempat pamer dengan sederet jabatan yang pernah diembannya sebagai kepala daerah.

Pernyataan tersebut dipicu oleh ucapan Ketum Perindo Hary Tanoesudibjo yang menyampaikan, jika Jokowi bisa memenangkan beragam kontestasi sampai mampu menjabat sebagai presiden hingga dua kali.

"Tadi Pak Hary menyampaikan saya ini dua kali wali kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta gubernur sekali menang. Kemudian dua kali di pemilu Presiden juga menang," ucapnya.

Setelah bicara, Jokowi lalu melirik Prabowo yang duduk di hadapannya. Ia langsung menyampaikan permohonan maaf.

"Mohon maaf Pak Prabowo," ucap Jokowi disambut riuh para undangan yang hadir dikutip dari suara.com

Prabowo langsung berdiri merespon perkataan dengan memberikan hormat kepada Jokowi. Jokowi kemudian menyampaikan kalau setelah ini, Prabowo akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti dirinya.