4 Orang Tertimbun Tanah Galian di Sumbar, 2 Orang Tewas

longsor3.jpg
(Via sumbar.suara.com)

RIAU ONLINE, SUMBAR-Empat orang tertimbun tanah galian di Sumbar, dua tewas. Sebanyak Empat orang tertimbun longsor galian tanah di Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (8/11/2022). Satu orang korban dilaporkan masih belum ditemukan hingga proses pencarian pada malam hari.

Sementara itu, tiga korban telah ditemukan, dua orang di antaranya dinyatakan tewas.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang telah turun ke lokasi untuk melakukan operasi SAR pencarian.

Menurut Kepala Seksi Operasional Basarnas Padang, Octavianto, saat itu korban menggali tebing tanah timbunan secara manual dengan menggunakan alat dodos dan skop di bagian bawah tebing. Kemudian mengisi tanah timbunan tersebut ke mobil colt diesel.


"Kemudian saat mengisi tanah timbunan ke mobil hampir penuh, terjadi longsor tebing di ketinggian sekitar 10 meter," ujar Octa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/11/2022) malam.

Longsoran tanah itu, kata dia, menimbun empat orang beserta kendaraan. Selanjutnya sekitar beberapa detik, terjadi longsor susulan.

"Longsor susulan terjadi di tebing dengan ketinggalan sekitar 20 meter," ungkapnya.

Octa mengungkapkan hingga malam ini proses pencarian terhadap satu korban terus dilakukan. Pencarian juga mengerahkan alat berat.

"Mudah-mudahan malam ini tim gabungan bisa menemukan korban," jelasnya dikutip dari suara.com

Longsor ini diketahui terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Menurut BPBD Kabupaten Agam, kondisi cuaca saat itu juga dalam curah hujan yang tinggi.