Momen Rektor UGM Prof Ova Emilia Wisuda Anaknya Sendiri

Prof-Ova-Emilia.jpg
(Via suara.com)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Momen rektor UGM Prof Ova Emilia wisuda anaknya sendiri. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menggelar wisuda, Rabu (26/10/2022).

Dalam momen itu, Rektor UGM Prof Ova Emilia putri sulungnya sendiri yang bernama He Yeon Asva Nafaisa yang sudah sukses menjadi sarjana lulusan spesialis dermatologi dan venereology atau spesialis kulit kelamin.

Momen unik ini diabadikan di akun TikTok UGM dan viral karena hal yang diabadikan cukup unik dan jelas mengesankan. Di video tersebut, seorang wisudawan berjalan ke arah podium, dan Prof Ova Emilia selaku salah satu Rektor di UGM mengalungkan samir ke wisudawan tersebut yang ternyata putrinya sendiri.

Setelah mengalungkan samir, wisudawan tersebut mencium tangan Prof Ova Emilia yang ternyata merupakan ibu kandungnya sendiri.

“Itu ‘kan kebetulan yang menyenangkan. Jadi, kebetulan anak saya mendapat nilai baik. Jadi, IPK-nya 4.00 terus kemudian dan dia mendapat kesempatan menjadi wakil wisudawan itu,” jelas Ova saat dihubungi wartawan, Rabu (26/10/2022).


“Dia ambil spesialis sekaligus S-2. Spesialisnya kulit dan kelamin, Dermatologi dan Venereologi. S2-nya Ilmu Kedokteran Klinik,” imbuhnya.

Berkali-kali memiliki pengalaman mewisuda mahasiswa UGM, mewisuda putrinya sendiri jelas saja merupakan pengalaman pertamanya. Ia mengaku, perasaannya campur aduk ketika melakukan proses wisuda ini.

“Yang jelas ya bahagia terharu. Ya nano-nano lah, ya bangga dan saya kira itu bukti kemandirian anak,” ungkap Ova dikutip dari suara.com

Ia juga mengaku tak pernah memaksa putrinya untuk mengambil jalan yang sama sepertinya. Ova membebaskan putrinya, dan passion putrinya sendiri yaitu menjadi dokter.

“Memang dia passion-nya ke situ. Sekarang ‘kan sudah spesialis dan memang ingin menjadi dosen di kedokteran. Tapi, tergantung dia juga. Karena, senang mengembangkan ilmu.”

Prof Ova Emilia juga mengatakan bahwa putri sulungnya ini memang menyukai penelitian. Ia juga mengatakan, bahwa putrinya memang gemar belajar dan senang dengan hal-hal yang baru. Prof Ova Emilia juga mengajarkan keempat anaknya agar disiplin, jujur, dan baik kepada diri sendiri.