Sandiaga Uno Siap Nyapres, Dasco: Gerindra Sudah Final Calonkan Prabowo

sandiaga-dan-prabowo.jpg
(Pojoksatu.id)


RIAU ONLINE - Sandiaga Uno baru-baru ini menyatakan diri siap untuk maju dalam bursa Pilpres 2024. Ia mengaku akan terus intens berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Namun, Sandiaga Uno tidak menjawab lugas terkait dirinya akan meminta izin ke Prabowo atau tidak, jika benar-benar ingin nyapres. Ia hanya menyinggung tentang waktu yang tepat.

"Saya akan terus berkomunikasi dengan beliau (Prabowo) kalau di saat yang tepat," kata Sandiaga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, mengutip Suara.com, Jumat, 9 September 2022.

Sandiaga menilai, saat ini belum terlambat, mengingat tahun politik masih satu hingga dua tahun mendatang menuju 2024. Namun, ia menegaskan, kini dirinya masih fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Tapi kan ini belum saatnya politik, kita sekarang saatnya bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugas kita," ucap Sandiaga.

 

 

"Ada dua tahun lagi di pemerintahan ini. Tugas-tugas ada di depan mata terutama berkaitan dengan masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat," sambungnya.


Kendati begitu, Sandiaga Uno memastikan bahwa dirinya masih menjadi kader Gerindra. Karena itu, kata dia, dirinya akan tetap patuh pada keputusan partai.

"Jadi saya masih kader Gerindra dan patuh kepada keputusan partai," kata Sandiaga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta usai rapat, Kamis, 8 September 2022.

Sebelumnya, Gerindra dalam rakernas memutuskan untuk kembali mendukung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai capres.

Sandiaga Uno, menanggapi hal itu, mengaku akan taat dan patuh jika memang ada arahan dari Prabowo.

"Oleh karena itu saya sampaikan tadi, seandainya ada arahan dari Pak Prabowo tentunya akan kita maknai sebagai sebuah arahan yang harus kita patuhi," kata Sandiaga.

 

 

Sementara itu, Partai Gerindra tidak mempermasalahkan jika ada partai politik yang ingin mengusung Sandiaga Uno di Pilpres 2024. Gerindra bahkan mempersilakan Sandiaga, namun Gerindra mengingatkan terkait etika.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan keputusan Gerindra untuk mencalonkan Ketua Umum, Prabowo Subianto sudah bulat. Keputusan itu sudah diambil lewat forum Rakernas, yang turut dihadiri Sandiaga selaku Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra.

"Jadi kita juga mempersilakan kalau ada partai politik yang mencalonkan, kita persilakan. Tapi Gerindra sudah final mencalonkan Pak Prabowo," kata Dasco di Hambalang, Bogor, Minggu, 4 September 2022.

Dasco mengingatkan perihal etika dalam partai. Sandiaga yang notabane merupakan kader Gerindra tidak mungkin dicalonkan partai lain, sementara Gerindra sendiri sudah memiliki Prabowo sebagai calon presiden.

"Etikanya kan nanti kita bisa, ya pak Sandi kan tentunya sudah dewasa dalam berpolitik. Dia harusnya tahu harus mengambil langkah apa ketika dia dicalonkan oleh parpol lain. Ya itu udah firm gitu," kata Dasco.