Resmi Dilantik Presiden Jokowi, Azwar Anas Sah Jadi Menteri PANRB

Azwar-Anas-dilantik-jadi-MenPAN-RB.jpg
(Youtube/Sekretariat Presiden via Kumparan)


RIAU ONLINE - Abdullah Azwar Anas resmi menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN RB) setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 7 September 2022, siang.

Azwar Anas sah menggantikan Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu. Pelantikan mantan Bupati Banyuwangi itu sebagai MenPAN RB berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 91B Tahun 2022 tentang pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

“Mengangkat saudara Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Tahun sisa masa jabatan 2019-2024,” demikian petikan Keppres yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Setneg Nanik Purwanto, mengutip Kumparan.

Selanjutnya Presiden Jokowi memandu sumpah jabatan Azwar Anas.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya," Azwar Anas membaca sumpah dipandu Jokowi.

 


 

Pelantikan itu dihadiri sejumlah pejabat negara, mulai dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Seskab Pramono Agung, serta para menteri lainnya.

Sebelumnya, Azwar merupakan Bupati Banyuwangi dua periode. Dia memimpin Kota Wisata itu sejak 21 Oktober 2010 sampai 17 Februari 2021.

Dalam catatan organisasi, ia pernah menjabat Ketua Umum Ikatan Nahdlatul Ulama masa bhakti 2000-2003.

Di bidang politik, Azwar pernah menjadi anggota MPR termuda yang dilantik saat usaianya 24 tahun. Ia juga pernah menjadi anggota DPR RI 2004-2009 saat masih berseragam PKB.

Azwar Anas telah meraih sederet prestasi, tampak dari perhargaan yang dilayangkan untuk Kabupaten Banyuwangi. Di antaranya, terpilihnya Banyuwangi sebagai kabupaten terinovatif se-Indonesia dalam pengukuran indeks inovasi daerah oleh Kementerian Dalam Negeri.

 

 

Selain itu, Banyuwangi menjadi kabupaten pertama yang memiliki Sisteim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SIKAP) dengan nilai A. Kemudian, Banyuwangi juga menyabet Juara UNWTO (Badan PBB untuk Pariwisata) untuk kebijakan publik bidang pariwisata terbaik di dunia.

Sebelum dilantik sebagai MenPAN RB, Azwar Anas menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2022.