Jadi Rebutan Baim Wong dan Aditya Nugraha, Citayam Fashion Week Siapa yang Punya?

Citayam-Fashion-Week.jpg
([Suara.com/Alfian Winanto])


RIAU ONLINE - Media sosial masih dihebohkan dengan fenomena Citayam Fashion Week. Citayam Fashion Week menjadi istilah yang dikenal usai sekumpulan anak muda Citayam dan Bojong gede melakukan pagelaran busana di kawasan Dukuh Atas, Sudirman itu.

Baru-baru ini, Citayam Fashion Week bahkan jadi rebutan di Kementerian Hukum dan HAM. Artis Baim Wong dan Aditya Nugroho memperebutkan Citayam Fashion Week.

Asal usul Citayam Fashion Week berawal dari pagelaran busana tiruan Paris Fashion Week yang menjadikan jalanan sebagai lokasinya. Tidak tidak seperti Paris Fashion Week yang melibatkan desainer-desainer ternama, Citayam Fashion Week diikuti anak-anak muda nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Rata-rata anak muda di Citayam Fashion Week berasal dari Citayam, Depok, Jawa Barat. Ini diketahui setelah sejumlah konten kreator mewawancarai mereka.

Selain itu, adapula yang berasal dari Bojonggede, Depok. Sehingga kawasan SCBD dulu terkenal dengan singkatan Sudirman Central Business District, namun sekarang berubah menjadi Sudirman Citayam Bojonggede Depok.

Sekumpulan anak muda tersebut kemudian datang dengan busana dan dandanan yang nyetrik untuk adu gaya berpakaian. Kemudian, warganet yang melihatnya menjuluki pameran tersebut dengan istilah Citayam Fashion Week.

Beberapa anak-anak muda yang menginisiasi ajang Citayam Fashion Week antara lain yaitu Bonge, Roy, Kurma dan Jeje, dari Citayam.

Tak hanya sebagai ajang untuk memamerkan outfit, mereka juga memamfaatkan momen tersebut dengan membuat konten video dan juga foto.


Kemudian, hasilnya mereka unggah di media sosial. Karena banyak remaja yang mengikuti trend ini, beberapa konten yang mereka upload viral dan menjadi sorotan publik.

Baru-baru ini, sejumlah tokoh publik dan pejabat turut meramaikan Citayam Fashion Week. Di antaranya, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sedangkan tokoh publik yang juga ikut meramaikan ajang fashion ini salah satunya model profesional, Paula Verhoeven. Istri Baim Wong dan beberapa model berlenggak-lenggok di Citayam Fashion Week.

Tak lama usai Paula tampil di ajang fashion itu, suami Paula, Baim Wong melalui perusahaan Tiger Wong Entertainment mencoba memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menggunakan nama "Citayam Fashion Week", di Kementerian Hukum dan HAM.

Tak mau ketinggalan Influencer Indigo, Aditya Nugroho juga ingin mendapatkan merek Citayam Fashion Week.

Koordinator Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM Irma Mariana mengukapkan, proses untuk mengantongi merek Citayam Fashion Week itu membutuhkan proses lama serta harus dilihat juga dari persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengaju.

Lebih lanjut Irma mengatakan, DJKI Kemenkumham akan melakukan pemeriksaan formalitas pada surat permohonan merek Citayam Fashion Week yang telah diajukan.

Jika persyaratnya sudah lengkap, maka hasil sah pemegang merek Citayam Fashion Week akan diumumkan dalam waktu 2 bulan mendatang.

Jika tak ada keberatan, maka Kemenkumham akan melakukan pemeriksaan secara substantif dalam waktu 150 hari kerja dan jika nantinya disetujui maka akan didaftarkan untuk kemudian yang berhak memiliki merek akan mendapatkan sertifikat.

Lalu, Citayam Fashion Week punya siapa?

Kedua berkas permohonan merek Citayam Fashion Week itu, resmi diterima pada berbeda waktu lalu. Tiger Wong Entertainment lebih dulu mengajukan pada 20 Juli 2022, kemudian Indigo Aditya Nugraha mengajukan pada keesokan harinya, seperti dilansir dari Suara.com, Selasa, 26 Juli 2022.

Namun, perebutan atas merek Citayam Fashion Week justru menandakan rendahnya upaya untuk menghargai hasil cipta dan kekayaan intelektual di Indonesia.

Pasalnya, kedua belah pihak yang memperebutkan merek Citayam Fashion Week tersebut bukanlah penemu aslinya. Hingga kini, belum ada pihak yang menjadi pemilik resmi merek Citayam Fashion Week.