Trauma, Korban Bongkar Modus Pelecehan Seksual Terduga Motivator Julianto Eka

Julianto-Eka-Putra3.jpg
(Julianto Eka Putra saat diundang pro [Foto: tangkapan layar YouTube])


RIAU ONLINE - Motivator sekaligus pendiri SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI), Julianto Eka Putra disebut telah mencabuli sejumlah mantan siswa SMA yang didirikannya di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Modus pelecehan seksual yang diduga dilakukan Julianto Eka Putra (JE) dibongkar dua mantan siswi SPI di acara podcast Deddy Corbuzier pada Rabu, 6 Juli 2022.

Dua perempuan korban pelecehan seksual itu mengaku pernah dilecehkan oleh JE di gedung sekolah. Kekinian, sosok JE sudah ditetapkan sebagai tersangka dan masuk persidangan, namun tak ditahan.

Kedua korban, dalam podcast berdurasi 55 menit itu membeberkan secara rinci perlakuan cabul yang mereka alami di bangku SMA SPI.

Aneh, menurut korban, JE selalu memberikan kata-kata motivasi kepada korbannya sebelum melakukan pelecehan.

Kendati sudah 13 tahun berlalu, peristiwa pelecehan yang korban alami di dalam gedung sekolah masih sangat membekas dan mereka mengaku sangat trauma hingga kini.


Saat ini, kasus pelecehan seksual oleh Julianto Eka Putra masih menggelinding di tingkat pengadilan Negeri Malang. Meski sudah setahun lalu berproses di pengadilan, korban mengaku mendapati sejumlah kejanggalan saat proses sidang.

“Saya tidak diperbolehkan menyerahkan bukti foto atau recording, sedangkan JE diperbolehkan menyerahkan bukti-bukti baru” kata korban, seperti dilansir dari Suara.com, Kamis, 7 Juli 2022.

Selain itu, sejak jadi tersangka hingga menjadi terdakwa di persidangan, sosok Julianto Eka Putra tak ditahan.

Sebab itu, korban berharap korban-korban lain yang pernah dilecehkan JE berani bersuara agar kasus serupa tak terulang.

Dari sejumlah sumber menyebutkan, Julianto Eka adalah seorang motivator yang mencetuskan ide mendirikan sekolah bagi anak-anak kurang mampu dan yatim piatu.

Sekolah yang ia dirikan disebut tidak dipungut biaya untuk para siswanya. Julianto juga menjadikan sekolahnya tersebut berkonsep kewirausahaan sesuai dengan keahlian yang ia miliki.

Bahkan pada tahun 2018 dirinya pernah menerima penghargaan sebagai sosok inspiratif pada acara Kick Andy Heroes.