Warga Diminta Waspada, Pesisir Kepri Ini Diprediksi Dilanda Banjir Rob

Banjir-Rob-Ilustrasi.jpg
(Medcom.id)


RIAUONLINE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam memprediksi Pesisir Kepulauan Riau (Kepri) akan dilanda banjir rob pada 11 sampai 19 Juli 2022. Warga diminta untuk waspada.

Adapun wilayah yang diprediksi dilanda banjir rob yakni, Kota Batam seperti di Pesisir Kecamatan Batu Aji, Sekupang, Nongsa dan sekitarnya, lalu Kota Tanjung Pinang seperti Pesisir Kecamatan Tanjung Pinang Kota, Tanjungpinang Barat, Bukit Bestari dan sekitarnya.

Kemudian Kabupaten Bintan seperti, Pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur dan sekitarnya, Kabupaten Karimun seperti di Pesisir Kecamatan Meral, Kelurahan Pamak dan sekitarnya.


Berikutnya Kabupaten Lingga seperti di Pesisir Kecamatan Singkep Barat, Singkep Pesisir, dan Senayang, Kabupaten Anambas seperti di Pesisir Kecamatan Siantan, Siantan Timur dan Kabupaten Natuna seperti di Pesisir Kecamatan Bunguran Timur, pesisir Pulau Laut dan sekitarnya.

“Akibat adanya aktivitas pasang air laut, dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi banjir pesisir,” ujar Prakiraan cuaca BMKG Hang Nadim Batam, Riska Meilan Manurung dari keterangan yang dirilis BMKG Hang Nadim Batam, seperti dilansir dari Suara.com, Senin, 4 Juli 2022.

Fenomena ini akan berdampak pada transportasi yang terganggu di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.