MenPANRB Tjahjo Kumolo Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Menpan-RB-Tjahjo-Kumolo5.jpg
([Suara.com/Bagaskara])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo Tjahjo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Tjahjo wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022). 

Putri pertama Tjahjo, Rahajeng Widyaswari mengabarkan hal tersebut kepada awak media di RS Abdi Waluyo.

"Nanti mungkin setelah azhar atau setelah disalatkan akan disemayamkan (dimakamkan) di Kalibata," kata Rahajeng.

Sebelum dimakamkan, mendiang Tjahjo akan disemayamkan di rumah dinasnya di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan. Setelah itu, mediang Tjahjo akan disalatkan di masjid yang berada di lingkungan kantor KemenPAN RB.

Pada kesempatan yang sama, Rahajeng juga menyampaikan permohonan maaf apabila sang ayah melakukan salah selama hidupnya.


"Saya sebagai anak pertama mewakili bapak mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini."

Infeksi Paru

Tjahjo wafat setelah berjuang melawan infeksi paru-paru.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat membenarkan kabar tersebut.

"Benar, saya juga dapat info yang sama," kata Djarot saat dikonfirmasi, Jumat.

Sebelumnya, Tjahjo dikabarkan sudah menjalani perawatan insentif di rumah sakit. Sempat berhembus kabar kalau Tjahjo dalam keadaan koma.

Namun informasi tersebut langsung dibantah oleh Sekretaris KementerianPANRB, Rini Widyantini. Rini menyebut kalau kondisi kesehatan Tjahjo sudah membaik pada sepekan lalu dikutip dari suara.com

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Rini saat dikonfirmasi, Jumat (24/6/2022).