Menjaga Kesehatan Mata, Ini 6 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan

Telur-puyuh.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Telur puyuh sering ditemukan pada campuran sayur sop, sate telur puyuh, ataupun pada masakan yang lainnya. Sama hal nya dengan telur ayam. Telur puyuh juga mempunyai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti kalium dan protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Saat kamu akan mengonsumsi telur puyuh, ada baiknya apabila tidak memili-milih antara bagian putih ataupun bagia kuning telur, karena keduanya mempunyai banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan.

Merangkum dari SehatQ, Gooddoctor, Doktersehat, Honestdocs.id, dan Yesdok, berikut ini beberapa manfaat yang dari telur puyuh.

1. Menjaga kesehatan mata

Telur puyuh mengandung cukup banyak vitamin A di dalamnya. Vitamin A berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi mata dari kerusakan serta merawat kemampuan penglihatan supaya tetap normal.

2. Membantu proses metabolisme

Tubuh membutuhkan kandungan riboflavin dan selenium, karena kedua kandungan tersbeut merupakan nutrisi penting yang bisa membantu dalam proses penguraian makanan, merubahnya menjadi energi. Kedua kandungan tersebut dapat ditemui pada telur puyuh.



3. Menjaga kesehatan gigi

Di dalam telur puyuh terdapat kandungan zinc. Zinc merupakan mineral yang mempunyai peran penting di dalam menjaga kesehatan gigi, zinc juga mampu mengatasi masalah bau mulut.


Zinc yang terdapat dalam telur puyuh juga efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sebuah sel, serta membantu dalam meningkatkan kesuburan.

4. Meredakan alergi

Di dalam telur puyuh terkandung protein ovomucoid yang berperan sebagai anti-alergi alami. Oleh karena itu, jika kamu mengalami gangguan pernapasan, peradangan, asma, ataupun gejala alergi lainnya. Cobalah untuk mengonsumsi telur puyuh supaya kesehatan dapat kembali normal.

5. Kelola tekanan darah

Di dalam telur puyuh terdapat kandungan potasium yang cukup tinggi, mineral tersebut bisa membantu dalam mengatasi ketegangan pada pembuluh darah dan juga arteri, sehingga bisa membantu dalam mengendalikan tekanan darah.

6. Sumber protein

Protein adalah nutrisi yang amat penting dalam membangun otot dan juga sel yang ada dalam tubuh. Kandungan protein yang terdapat dalam satu porsi telur puyuh hampir sama dengan satu butir telur dikutip dari suara.com

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi telur puyuh dan pastinya dengan jumlah yang disarankan ya serta tidak berlebihan, karena sesuatu hal yang berlebihan itu tidak baik, semoga bermanfaat.