Politisi Kelahiran Pekanbaru Ini Disebut Bakal Dapat Jatah Kursi Wakil Menteri

Sekjen-DPP-PSI-Raja-Juli-Antoni.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE - Sederet tokoh disebut akan diangkat Presiden Joko Widodo untuk menduduki posisi di dalam kabinetnya. Hari ini, Rabu 15 Juni 2022, santer terdengar bakal terjadi reshuffle kabinet.

Sejumlah pun mencuat, mulai dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas yang digadang-gadang bakal jadi menduduki kursi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan M Lutfi.

Adapula mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto disebut akan duduk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Satu nama lagi adalah politikus kelahiran Pekanbaru, Riau, Raja Juli Antoni yang merupakan Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Raja Juli Antoni dikabarkan akan duduk sebagai Wakil Menteri ATR.

Menanggapi isu reshuffle tersebut, pengamat politi, Ujang Komaruddin meyakini kursi milik sejumlah menteri non parpol akan digoyang seiring derasnya kabar reshuffle hari ini. Kursi-kursi itu bakal berganti pemilik.


Menurut Ujang, Menteri Perdagangan M Lutfi menjadi satu di antara menteri non parpol yang memang bakal dicopot. Posisinya, kata Ujang, kemungkinan akan digantikan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, Zulhas memang sudah bertandang ke Istana pada Selasa kemarin. Selain Zulhas, ada juga eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni.

Namun, Ujang berpendapat, hanya dua di antara mereka yang akan menduduki kursi menteri. Pertama Zulhas dan kedua Hadi.

"Kelihatannya Zulhas itu akan didapuk menggantikan M Lutfi ya sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto kelihatannya akan menggantikan Menteri ATR Sofyan Djalil," kata Ujang, seperti dikutip dari Suara.com.

Sementara itu, Raja Juli diprediksi menduduki posisi wakil menteri.

"Lalu di mana Raja Juli Antoni? Kelihannya dia akan menjadi wakil menteri. Ya biasa jatah bagi PSI lah kira-kira seperti itu," kata Ujang.