Sudah Ijab Kabul, 3 Partai Ini Jadi Koalisi Indonesia Bersatu

Koalisi-Indonesia-Bersatu.jpg
(Suara.com/Yaumal)


RIAU ONLINE - Partai Golkar, PPP dan PAN resmi membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) setelah adanya 'ijab kabul' berdasarkan nota kesepakatan bersama demi menyongsong kontestasi pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dibentuknya KIB ditandai dengan penandatanganan nota kesepatakan antara tiga ketua umu partai politik itu dalam Silahturahmi Nasional di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu 4 Juni 2022.

"Tadi kita saksikan Ijab Kabul Partai Golkar, Partai PPP, dan PAN yang disaksikan oleh seluruh saksi yang hadir," kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, melansir Suara.com, Minggu, 5 Juni 2022.

Terbentuknya KIB, kata dia, untuk menciptakan situasi politik yang sehat, lepas dari politik identitas, sehingga dapat mencegah perpecahan di tengah masyarakat.


"Ini sesuai dengan apa yang diupayakan, agar masyarakat kita tidak terbelah. Dan kita sesuai dengan judul koalisinya bersatu dan tentu kepentingan utama adalah kepentingan rakyat," ujarnya.

Sementara, Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa mengatakan, nota kesepakatan bersama ditandatangani sebagai langkah awal untuk menyejukkan iklim politik jelang pemilu mendatang.

"Yang pertama kita ingin sampaikan, punya langkah-langkah lebar yang menyejukkan. Kita tidak ingin lagi membekaskan sebuah luka dalam berdemokrasi," katanya.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, meski nota kesepakatan telah ditandatangani, mereka masih membuka peluang bagi partai politik lainnya untuk bergabung.

"Tadi kami teken itu nota kesepahaman atau kesepakatan, artinya terbuka luas untuk teman-teman partai lain yang belum bergabung, karena belum deklarasi. Deklarasinya nanti kalau sudah menjelang penutup chapter," ucap Zulhas.