Satu Jemaah Haji Indonesia Wafat Setibanya di Madinah, Ini Identitasnya

Jemaah-haji5.jpg
(Saudi Media Ministry via AP)


RIAU ONLINE - Seorang jemaah haji Indonesia meninggal dunia saat tiba di Madinah, Arab Saudi. Hal ini diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Ahmad Abdullah.

Ahmad menyebutkan identitas jemaah haji yang wafat di tanah suci itu atas nama Suhati Rahmat Ali bin Hj Rahmat berusia 64 tahun.

Jemaah haji tersebut berangkat ke Tanah Suci pada kloter pertama. Mendiang merupakan jemaah haji dari kloter JKG, embarkasi Jakarta-Pondok Gede.

"Marilah kita doakan semoga almarhumah wafat dalam keadaan husnul khatimah dan diterima seluruh amal ibadahnya," kata Ahmad dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui YouTube Kemenag RI, melansir Suara.com, Minggu, 5 Juni 2022.


Pemerintah, kata Ahmad, akan mengumumkan wafatnya jemaah jika petugas yang mendampingi sudah menerima surat kematian dan pemerintahan Arab Saudi. Pemerintah juga akan melaksanakan badal haji bagi seluruh jamaah yang meninggal dunia.

"Tidak lupa, sudah menjadi kewajiban pemerintah seluruh jemaah yang wafat akan di badal hajikan," kata dia.

Adapun jemaah haji yang sudah berangkat ke Arab Saudi, sebut Ahmad, sebanyak 2.735 jemaah dengan petugas 28 orang. Mereka merupakan jemaah haji yang berangkat pada kloter pertama.