Termasuk Sumbar, 15 Daerah Ini Terancam Kena Banjir Rob

Banjir-Rob-Ilustrasi.jpg
(Medcom.id)


RIAU ONLINE - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan prediksi akan adanya 15 daerah yang terancam kena banjir rob setelah fase bulan baru. Banjir rob akan berlangsug dari 30 Mei sampai 7 Juni 2022 mendatang.

Dari hasil pantauan data water level air dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob, berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada 30 Mei - 7 Juni 2022.

Daerah itu di antaranya, Sumatera Barat (Sumbar), Sumatera Utara, Aceh, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Maluku.

"Potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo, melansir Suara.com, Senin, 20 Mei 2022.


 

 

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalui waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut.

Selain itu masyarakat dimohon memperhatikan perkembangan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui Call center 021-6546315/18, Call center BMKG 196, http://maritim.bmkg.go.id, Twitter dan Instagram @BMKGmaritim, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.