Selain Mendag, Menaker dan Mendikbud Rawan Direshuffle, Opung Luhut Aman

Luhut7.jpg
([Youtube/Sekretariat Presiden])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pengamat politik, Dedi Kurnia menyebut sejumlah menteri memang berpotensi untuk diganti oleh Jokowi di tengah isu reshuffle kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang menguat beberapa waktu belakang.

Menurut Dedi yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), dua menteri yang layak untuk diganti ialah Mendag M Lutfi dan Menaker Ida Fauzyah.

"Menteri yang layak diganti bisa saja dari dua kelompok, pertama adalah kementerian yang tidak perform dalam situasi selama ini, mendag Lutfi, Mendikbud Nadiem, atau Menaker Ida," ucap Dedi.

Selain itu kata Dedi, pergantian menteri bisa juga menyasar mereka yang berasal dari non partai.


Namun untuk menteri yang berasal dari non partai, hanya dua menteri yang menurut Dedi masih aman di posisinya yakni Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menko Luhut Binsar Panjaitan dikutip dari suara.com

"Ini tentu saja bukan Luhut atau Erick Thohir, karena dua ini cenderung miliki kedekatan istimewa dengan presiden, entah karena prestasi atau faktor lain,"

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan belum ada informasi resmi terkait kabar yang menyebut Jokowi akan melakukan reshuffle.

"Belum ada (informasi)," kata Heru.