5 Daftar Gejala Omicron, Sakit Tenggorokan hingga Diare

omicron5.jpg
(pixabay)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Gejala infeksi Covid-19 khususnya gejala utama Omicron dianggap lebih ringan daripada varian Delta.

Hanya saja pakar mengatakan meski tingkat kematian lebih rendah, risiko rawat inap pada kelompok berisiko tetap tinggi.

Berikut 5 daftar gejala omicon yang harus Anda waspadai:

1. Batuk Kering

Ketua POKJA Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr. dr. Erlina Burhan, Sp.P., mengatakan bahwa infeksi varian delta umumnya menyebabkan gejala demam.

2. Sakit Tenggorokan


Dokter Erlina melanjutkan sesak napas jadi gejala utama infeksi Covid-19 varian Delta. Namun pada varian Omicron, sakit tenggorokan yang lebih sering dilaporkan.

3. Diare

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang berbasis di AS, telah mengatakan orang dengan virus corona Covid-19 bisa mengalami gejala diare.

4. Sakit Telinga

Dilansir dari The Sun, sakit telinga sudah ditambahkan dalam gejala varian Omicron. Bukti yang berkembang menunjukkan sakit telinga adalah gejala varian Omicron, terutama pada orang yang sudah vaksinasi.

5. Pilek dan Sakit Kepala

Irene Petersen, seorang profesor epidemiologi dan informatika kesehatan di University College London, mengatakan hidung meler dan sakit kepala juga merupakan gejala dari berbagai kondisi penyakit, salah satunya virus corona Covid-19 dikutip dari suara.com

Sedangkan, gejala utama Omicron yang masuk dalam 20 teratas, termasuk menggigil, otak berkabut, pusing dan suara serak. Demikian daftar gejala utama omicon yang harus Anda waspadai.