Bikin "Malu" Indonesia di Thomas Cup, Jokowi Panggil LADI dan Menpora

Indonesia-juara-Thomas-Cup-2020.jpg
(Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP))

RIAUONLINE, PEKANBARU-Buntut dilarangnya Indonesia mengibarkan bendera di Thomas Cup dan iven olahraga lainnya kecuali Olimpiade, Presiden Jokowi panggil Menpora dan Ketua LADI.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) Musthofa Fauzi dijadwalkan akan ke Istana Negara, Jakarta, Jumat 22 Oktober 2021 pukul 14.00 WIB.

Pemanggilan itu merupakan buntut dari sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) terhadap LADI yang membuat bendera Merah Putih tak bisa berkibar di berbagai event olahraga, kecuali Olimpiade.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum LADI, Reza Maulana lewat pesan singkat pada Jumat 22 Oktober 2021 pagi WIB.

"Hari ini pada pukul 13.00 WIB Ketua Umum LADI (bersama Menpora) direncanakan menghadiri panggilan Presiden ke Istana untuk paparan mengenai situasi terkini serta tindak lanjut dan solusinya di dalam rapat sidang kabinet terbatas bersama dengan menteri terkait," kata Reza Maulana.


Kronologi Indonesia Tak Bisa Kibarkan Merah Putih di Piala Thomas 2020  Halaman all - Kompas.com

Indonesia tanpa bendera Merah Putih saat juara Thomas Cup

Sebelum dipanggil Presiden Jokowi, LADI bersama Kemenpora serta stakeholder terkait telah menggelar Rapat Koordinasi yang membahas percepatan penyelesaian sanksi WADA terhadap LADI pada Kamis 21 Oktober 2021.

Indonesia bersama Korea Utara dan Thailand ebelumnya dijatuhi sanksi setelah dinyatakan tidak patuh oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Salah satu sanksinya adalah atlet dari tiga negara tersebut masih diizinkan turun di kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, namun tidak bisa mengibarkan bendera nasional mereka selain di Olimpiade.

Isu tersebut menjadi perbincangan khalayak setelah tim beregu putra Indonesia yang sukses menjuarai Piala Thomas 2020 di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB, tidak diperkenankan mengibarkan bendera Merah Putih.

Buntut sanksi WADA terhadap LADI membuat Jonatan Christie dan kawan-kawan terpaksa menaiki podium juara dengan hanya mengibarkan bendera berlogo PBSI, alih-alih Merah Putih.

Meski demikian, mereka masih diperbolehkan menyanyikan lagu Indonesia Raya