Apa Bisa Kucek-kucek Mata Kena Covid-19? Ternyata Bisa, Ini Penjelasan Dokter

kucek-mata2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Kucek-kucek mata ternyata bisa menularkan virus Corona COVID-19. Dokter mata menjelaskan mekanismenya.

"Kenapa kita disuruh tidak menyentuh mata atau wajah? Itu karena kalau virus COVID ada di tangan kita kemudian kita menyentuh mata, dia akan menyerang ke konjungtiva jadi bisa terjadi konjungtivitis," jelas dr Timmy Budi Yudhantara, SpM kepada detikcom, Jumat (29/7/2021).

Menurut dr Timmy, mata dan sistem pernapasan terhubung melalui sebuah saluran. Apapun yang masuk lewat mata, bisa juga masuk ke pernapasan dan menyebabkan pneumonia. Termasuk COVID-19 juga bisa masuk lewat mata.

Meski demikian, diakui bahwa penularan lewat mata relatif lebih jarang terjadi. Yang lebih sering ditemukan adalah seseorang mengalami keluhan pada mata setelah terinfeksi COVID-19.


"Kalau kena COVID, untuk mata pasti matanya merahnya akan lebih merah. Kemudian ada rasa sakit, terjadi pembengkakan," jelas dr Timmy soal gejala COVID-19 pada mata.

"Kalau penglihatannya tidak terganggu, tapi biasanya karena peradangan di konjungtiva akan bengkak dan kelopaknya nggak nyaman," lanjutnya dikutip dari Detik.com

Berikut bedanya sakit mata biasa vs gejala COVID-19:

Ciri-ciri mata merah karena COVID-19
Mata kering
Muncul rasa nyeri yang hebat
Muncul kotoran mata dalam jumlah banyak
Pembengkakan selaput mata di sekitar kelopak
Ciri-ciri mata merah biasa
Mata kering
Muncul kotoran mata namun tidak terlalu banyak
Tidak ada pembengkakan di sekitar kelopak mata