Pindah Agama Pulang Umrah, 8 Fakta Aktor Idris Sardi

Lukman-Sardi.jpg
(Youtube.com))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Lukman Sardi memeluk agama kristen, kini ia pun menjadi sorotan. Sempat menyimpan dan tidak mengumbar mengenai pilihan agama barunya tersebut, Lukman blak-blakan menceritakan kisah hidupnya.

Berikut fakta Lukman Sardi yang memeluk kristen setelah pulang umroh dan ternyata pernah jadi sales.

1. Hidup di tengah keluarga dengan agama berbeda

Dilansir dari suara.com, usai memutuskan berpindah keyakinan dari Islam menjadi Kristen, nama Lukman Sardi menjadi sorotan. Pemain film Sang Pencerah, memeluk kristen setelah pulang umrah. Lukman mengungkapkan ia memang hidup di tengah-tengah keluarga dengan agama berbeda.

Tahun 2014 lalu, ia mantap berpindah agama dan memeluk agama kristen.

2. Putra seorang musikus

Lukman Sardi adalah putra musikus dan pemain biola legendaris Indonesia, Idris Sardi.

Saat Lukman belum genap 3 tahun, orangtuanya bercerai. Aktor kelahiran 1971 adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Setelah bercerai dari ibu Lukman, Idris Sardi menikah dengan bintang senior Marini. Dari pernikahan ini, mereka memiliki dua anak yang juga dikenal sebagai artis, Shelomita dan Reuben Elishama.

Meski berbeda ibu, Lukman cukup dekat dengan keduanya. Idris kemudian menikah lagi dengan Ratih Putri yang berbeda usia sekitar 30 tahun, namun Ratri menemani Idris Sardi selama 16 tahun hingga akhir hayatnya.

3. Dianugerahi penghargaan atas karyanya

Memulai karier dari peran pendukung, Lukman Sardi sukses mengukuhkan nama sebagai salah satu aktor berprestasi.

Ia membintangi film-film hits seperti Gie, Janji Joni, 9 Naga, Pesan Dari Surga, Jakarta Undercover, Nagabonar Jadi 2, Quickie Express, Kawin Kontrak, In the Name of Love, Laskar Pelangi dan banyak lainnya.

Lukman dianugerahi sejumlah penghargaan termasuk Best Actor di Bali International Film Festival hingga Pemeran Utama Pria Film Terpuji dalam Festival Film Bandung atas kemampuannya berakting.


4. Berhasil perankan Ikal di Laskar Pelangi dan Sang Pemimpin

Dari semua film, salah satu peran Lukman yang behasil diperankan ialah Ikal dewasa dalam Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Ikal digambarkan sebagai jelmaan karakter yang dibuatkan Andrea Hirata, sang penulis novel dengan judul sama.

Lukman berhasil memerankan karakter tersebut dengan sangat sempurna. Riri Riza pernah memuji Lukman sebagai aktor yang yang mau belajar sehingga tidak pernah bosan mengeksplorasi peran dalam film-film yang dimainkannya.

Aktor Lukman Sardi meraih penghargaan pemeran utama pria terbaik karena perannya di film '27 Steps Of May' dalam gelaran Indonesia Movies Actors Awards 2020 (IMAA) di Jakarta, Sabtu (25/7). [Suara.com/Alfian winanto]

5. Istri lebih mudah belasan tahun

Lukman Sardi menikah dengan Pricilla Pulunggono yang berbeda keyakinan, 2009 lalu. Pricilla diketahui berusia belasan tahun lebih muda.

Lukman dan Pricilla dikaruniai tiga anak dari pernikahannya, yakni Akiva Dishan Ranu Sardi lahir 28 Desember 2009, Akira Deshawn Yi Obelom Sardi lahir 15 Mei 2012 dan Akino Dashan Kaimana Sardi lahir 1 Agustus 2013.

Lukman Sardi dan istri, Lia. [Instagram]
Lukman Sardi dan istri, Lia. [Instagram]

6. Pernikahan jauh dari gosip

Pernikahan Lukman Sardi dan Pricilla Pulunggono jauh dari gosip. Meski telah menikah lebih dari 10 tahun, hubungan mereka tetap mesra serta sangat harmonis.

Saat Lukman berpindah agama pada 2014, banyak kabar yang menyebutkan bahwa itu karena pengaruh sang istri. Namun bintang film Rectoverso memastikan jika ia pindah kenyakinan tanpa paksaan siapa pun.

7. Pernah Kerja Jadi Sales

Lukman Sardi ialah aktor dengan debut film yang banyak. Tetapi, ternyata sebelum terjun ke dunia akting, ia pernah bekerja sebagai sales asuransi.

Lukman sempat mendirikan playgroup sebelum mendapatkan tawaran berakting untuk peran kecil dan figuran. Lukman kemudian dicasting Mira Lesmana memerankan sosok aktivis '66 dalam film Gie yang dibintangi Nicholas Saputra.

Lukman bisa dibilang memulai karier aktingnya dari bawah. Akting menjadi sorotan setelah mendapat peran kecil dalam film Gie. Perlahan, ia mulai membuat namanya dikenal melalui peran-peran pendukung. Lukman kemudian naik pangkat dengan menjadi pemeran utama, diantaranya film 9 Naga besutan Rudi Soedjarwo dikutip dari suara.com


8. Pindah Agama Kristen Sepulang Umrah

Lukman Sardi memutuskan pindah agama. Awal dirinya berpindah agama rupanya berhubungan dengan sang kakek yang sempat berpesan tentang kekuatan Tuhan dalam Alkitab.

Lukman kemudian memulai perjalanan spiritualnya hingga bertemu dengan sang istri, Pricilla Pulunggono. Mereka pacaran beda agama kala itu.

Lukman terima hadiah pergi ke Tanah Suci alias umrah secara gratis. Meski dalam proses meyakini agama lain, Lukman berangkat dan menunaikan rukun umrah seperti umat Muslim pada umumnya.

Karena sulit menyentuh hajar aswad, ia mulai emosi.

Namun emosi mereda ketika ia mengingat ucapan sang kakek agar terus menyebar kasih. Atas kesabaran dan kenyakinan tersebut, Lukman akhirnya bisa mencium hajar aswad.

Sepulang dari umrah, ia memantapkan diri untuk pindah agama.