Versi Hitung Cepat, Anak dan Menantu Jokowi Menang di Solo dan Medan

Jokowi-dan-keluarga.jpg
(suara.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Versi hitung cepat, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengklaim memenangkan Pilkada Solo versi Real Count dengan 86,45 % suara. Selain itu sang menantu Bobby Nasution juga menang di Pilkada Medan dengan 55,1% suara.

Hasil tersebut tinggal menunggu hasil rekapitulasi dari KPU untuk memastikan Gibran bisa duduk di kursi Wali Kota Solo, dan Bobby menjadi Wali Kota Medan.

Dilasir dari Solopos.com media jaringan Suara.com, Pada Hasil real count Pilkada Kota Solo menunjukkan pasangan cawali-cawawali Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa unggul dengan perolehan suara mencapai 86,45 persen. Sedangkan lawannya dari jalur perseorangan, Bagyo Wahyono-FX Supardjo, berdasarkan hasil real count memperoleh 13,55 persen suara.

Real count tersebut sudah mencakup 100 persen atau 1.231 tempat pemungutan suara (TPS) dari lima kecamatan Kota Solo. Jika diperinci per kecamatan, perolehan suara Gibran-Teguh paling tinggi yakni Kecamatan Banjarsari.

Perolehan suara paslon dari PDIP pada Pilkada Solo 2020 itu dari Banjarsari yakni 73.059. Kemudian dari Jebres, Gibran-Teguh meraup 64.196 suara, Laweyan 35.541 suara, Pasar Kliwon 31.793 suara, dan Serengan 20.559 suara.

Sementara itu, meski memperoleh persentase suara cukup tinggi, perolehan suara Gibran-Teguh belum bisa mengalahkan Jokowi-Rudy pada Pilkada 2010 lalu yang mencapai 90-an persen.

Pada sisi lain, meski perolehan suara Gibran-Teguh pada Pilkada Solo cukup jauh selisihnya dari lawannya, Bajo, Gibran mengatakan memilih menunggu dulu hasil rekapitulasi oleh KPU Solo.

“Kita tunggu dulu perhitungan suara yang resmi dari KPU. Dalam waktu dekat dekat ini saya dan Pak Teguh akan lakukan komunikasi intensif, bersinergi, melakukan sinkronisasi dengan Pak Wali Kota, Pak Rudy, dan Wawali, Pak Achmad Purnomo,” ujarnya saat konferensi pers di DPC PDIP Solo, Rabu siang.

Menantu Presiden Jokowi

Dilasir dari SuaraSumut.id, Pasangan calon Bobby Nasution-Aulia Rachman unggul dalam quick count (hitung cepat) yang dilakukan lembaga survei.

Hasil survei Median sudah 100 persen data masuk. Dari data survei itu, perolehan suara paslon Akhyar-Salman 44,9% dan Bobby - Aulia 55,1%.

Sedangkan survei Jawa Pos grup data masuk sudah 95,14%. Paslon Akhyar-Salman 45,9 persen dan Bobby-Aulia 54,05%.

"Dua survei melakukan quick count hasilnya menunjukkan Bobby- Aulia lebih unggul," kata Juru Bicara Tim Pemenangan Bobby-Aulia, Ikrimah Hamidy, kepada wartawan, Rabu (9/12/2020).

Ia mengaku, hasil survei Median sudah 100 persen data masuk. Dari data survei itu, perolehan suara paslon Akhyar-Salman 44,9% dan Bobby - Aulia 55,1%.

"Survei Jawa Pos grup data masuk sudah 95,14%. Paslon Akhyar - Salman 45,9 persen dan Bobby -Aulia 54,05%. Bagi kita data itu relatif pergerakan suara, jadi sangat kecil sekali ada perubahan. Apalagi data dari saksi kita di lapangan, datanya juga tidak jauh dari kedua lembaga survei itu," ujarnya. Artikel ini sudah terbit di Suara.com