Sudah Tes Swab Secara Mandiri, Begini Hasil Tes Habib Rizieq Shihab

Habib-Rizieq-Shihab7.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Habib Rizieq Shihab diklaim sudah menjalani pemeriksaan COVID-19 lewat tes swab. Hal itu diklaim FPI.

Dikabarkan FPI, Habib Rizieq sudah menjalani tes swab Covid-19, Minggu 22 November 2020 kemarin.

Sebelumnya diberitakan, petugas gabungan sempat mendatangi rumah Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu 21 November 2020 malam. Maksud kedatangan petugas, yakni menyarankan Rizieq agar menjalani tes swab.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono menuturkan pihaknya mendatangi kediaman Rizieq sekira pukul 22.00 WIB. Namun, Rizieq tidak bisa ditemui dengan alasan sedang istirahat.

Margiyono menjelaskan, maksud awal kehadirannya menyambangi kediaman Rizieq yakni untuk mengkonfirmasi kabar bahwa yang bersangkutan sedang sakit. Karena patut diduga dan dikhawatirkan bahwa yang bersangkutan terjangkit Covid-19 pasca menghadiri acara yang mengundang kerumunan.

Acara Maulid Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Shihab yakni Najwa Shihab di Jalan KS Tubun, Petamburan III, Jakarta Pusat, Sabtu 14 November 2020 malam, dipenuhi massa peserta. [Suara.com/Bagaskara Isdiansyah]


"Sudah tes swab kemarin, hasilnya negatif Covid," kata Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar saat dikonfirmasi oleh Suara.com melalui pesan singkat, Senin 23 November 2020.

Aziz mengatakan, Rizieq menjalani tes swab PCR secara mandiri dengan tim Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Hilal Merah Indonesia (HILMI). Selain itu, keluarga pemimpin FPI itu pun juga turut mengikuti tes swab dan hasilnya diklaim negatif pula.


"Anak sama menantunya juga negatif," ujarnya.

Aziz menambahkan, kekinian Rizieq ada di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Tolak Swab Dari Pemerintah

Belakangan, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto menyebut jika Rizieq akan menjalani tes swab sendiri. Hal itu dilakukan pasca Rizieq menolak saran pemerintah untuk melakukan tes swab.

"Iya dia menolak, mereka mau melakukan swab sendiri," kata Heru di Petamburan, Jakarta Pusat, Minggu 22 November 2020 kemarin.

Heru menjelaskan bahwa Babinkamtibmas dan Babinsa mendatangi kediaman Rizieq pada Sabtu (21/11) malam untuk memastikan informasi yang menyebutkan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19. Di sisi lain, kedatangan mereka juga sekaligus menyarankan Rizieq untuk melakukan tes swab.

"Seorang Babinsa dan Babinkamtibmas itu kan mengecek warganya yang sakit dan siapa tau butuh pertolongan. Makanya kita datang ke sana menanyakan," ujar Heru.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com