Setelah "Pesta" Daging, Turunkan Kadar Kolesterol dengan Makanan Ini

Jeruk.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Setelah pesta daging kurban selama dua hari, Anda mungkin mengalami kenaikan kadar kolesterol dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kini saatnya Anda menurunkan kadar kolesterol dengan delapan makanan sehat ini.

Makanan ini mengandung serat larut serta lemak tak jenuh ganda yang dipercaya dapat langsung menurunkan kolesterol jahat. Serat akan mengikat kolesterol dan mengeluarkannya bersama feses.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi usai menikmati hidangan daging kurban saat Idul Adha menurut Harvard Medical School, Ahad, 2 Agustus 2020. 
1. Buah

Buah seperti apel, anggur, stroberi dan jeruk jeruk kaya akan pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan LDL.

2. Oat

Semangkuk sereal gandum atau sereal berbasis gandum saat sarapan sarapan memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.



3. Ikan yang mengandung minyak

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL. Omega-3 dalam ikan mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

4. Kacang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat menurunkan LDL sekitar 5 persen. Kacang juga memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

5. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega saat memasak dapat membantu menurunkan LDL.

6. Kedelai

Makan kedelai atau makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan susu kedelai disebut ampuh dalam menurunkan kolesterol. Menurut penelitian, mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2,5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5-6 persen.

7. Barley dan gandum utuh

Barley, gandum dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung terutama serat larut yang mereka berikan.

8. Terong dan okra

Kedua sayuran rendah kalori ini adalah sumber serat larut yang baik.

Artikel ini sudah terbit di Tempo.co