Kapolri Mutasi 2 Wakapolda dan Seratusan Perwira, Ini Daftarnya

Brigjen-Mardiaz-Kusin-Dwihananto.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Wakapolda Sumut Brigjen (Pol) Mardiaz Kusin Dwihananto ditunjuk menjadi Kasetukpa Lemdiklat Polri. Selain itu, Kapolri juga memutasi Wakapolda Kalimatan Selatan dan ratusan perwira.

Mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/1603/VI/KEP./2020 tertanggal 5 Juni 2020, yang telah dikonfirmasi oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Surat tersebut ditantangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Sutrisno Yudi Hermawan. Dalam surat itu, Mardiaz menggantikan Brigjen (Pol) Agus Suryatno yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri.

Pengganti Mardiaz sebagai Wakapolda Sumut adalah Karorenmin Bareskrim Brigjen (Pol) Dadang Hartanto.

Kemudian, Wakapolda Kalsel Brigjen (Pol) Aneka Pristafuddin akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisi Wakapolda Kalsel akan diisi oleh Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Agung Budijono.

Sementara itu, posisi Agung digantikan oleh Brigjen (Pol) Syahar Diantono yang kini menjabat sebagai Karo PID Divisi Humas Polri. Total, terdapat 120 perwira tinggi dan menengah yang dimutasi dalam surat telegram tersebut.

Argo pun mengungkapkan bahwa mutasi adalah hal yang normal di institusi Polri sebagai penyegaran institusi. “Surat telegram tersebut valid. Mutasi dalam rangka tour of duty,” ujar Argo ketika dihubungi Kompas.com, Jumat 5 Juni 2020.

Artikel ini sudah terbit di Kompas.com