Tak Ada Nama Hotman Paris, Ini 100 Pengacara Top Indonesia 2020 Versi ABL

Hotman-Paris.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Tak ada nama pengacara Rp 30 Miliar, Hotman Paris Hutape di daftar 100 pengacara top Indonesia versi Asia Business Law Journal tahun 2020. Para pengacara hebat itu diperoleh Asia Business Law Journal berdasarkan survei yang dilakukan terhadap sejumlah perusahaan besar di Indonesia.
Sejumlah pengacara muda masuk dalam daftar pengacara top Indonesia yang memiliki klien tak hanya perusahaan lokal, tetapi juga internasional. Tetapi, dalam penelusuran Wartakotalive.com, nama Hotman Paris Hutapea tidak masuk dalam daftar 100 pengacara top Indonesia 2020.

Beberapa pengacara senior yang masuk dalam daftar tersebut adalah Luhut Pangaribuan, Todung Mulya Lubis, dan Chandra Hamzah. Chandra Hamzah adalah mantan komisoner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama Chandra Hamzah makin populer ketika terjadi heboh Cicak Vs Buaya atau KPK Vs Polri pada beberapa waktu lalu ketika Chandra masih jadi komisioner KPK.
Untuk menjadi salah satu pengacara terkemuka di Indonesia, seseorang membutuhkan "pengalaman luas yang akan menjamin bahwa klien menerima berbagai layanan untuk kepuasan mereka."

Demikian dikatakan Yudhistira Setiawan, Wakil Presiden, Hukum Perusahaan dan Litigasi, Indonesia Tourism Development Corporation ( ITDC), menggambarkan Soenardi Pardi, seorang mitra di Hendra Soenardi.

"Berdedikasi dan sangat berbakat," adalah cara Peter Lawrence, seorang penasihat umum rekanan di Kofax di AS, menggambarkan M Iqbal Hadromi, mitra pendiri Hadromi & Partners seperti ditulis https://www.vantageasia.com/.

Hadromi] membantu bisnis internasional kami mengatasi beberapa kendala dan tantangan dalam berbagai masalah bisnis dan litigasi perusahaan yang kompleks. Profesionalisme dan pendekatan berorientasi solusi pragmatis untuk menangani masalah hukum klien adalah aset dan atribut yang kuat sehingga nilai penasihat internal lebih dari segalanya, ”tambah Peter Lawrence.

Ini hanya beberapa dari banyak komentar dan nominasi yang diajukan oleh klien pengacara Indonesia, menunjukkan bahwa mereka tidak hanya mencari pengacara dengan pengetahuan hukum yang mendalam, tetapi mereka yang responsif dan menawarkan layanan pelanggan terbaik.

Selain itu, para pengacara itu juga diharapkan memberikan saran bisnis praktis. Kualitas semacam itu sangat penting untuk membantu klien tetap mendapat informasi tentang lanskap hukum negara yang kompleks.

Banyak pengacara telah dipercaya oleh klien-klien yang setia selama beberapa dekade sebagai orang yang suka berurusan dengan litigasi dan masalah penyelesaian sengketa. Selain itu, sebagian besar klien internasional mencari pengacara Indonesia yang memiliki berbagai keahlian, dan pola pikir internasional.

 

Mantan Komisioner KPK Chandra Hamzah hari ini (18/11) bertemu Menteri BUMN Erick Thohir.

Mantan Komisioner KPK Chandra Hamzah Menteri BUMN Erick Thohir.

Negara terpadat keempat di dunia, dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, adalah rumah bagi tenaga kerja muda - sekitar 60% dari populasi adalah berusia 40 tahun atau di bawah dan usia rata-rata adalah 29 tahun.


Ekonomi digital memiliki tempat khusus di negara dengan lebih dari 143 juta pengguna internet, dan rumah bagi sebagian besar unicorn Asia Tenggara. Dalam upaya yang diatur untuk meningkatkan investasi, negara kepulauan ini telah bersiap-siap untuk mengatasi masalah rantai pasokan. Caranya antara lain dengan merancang proyek-proyek infrastruktur senilai US $ 429,7 miliar untuk 2020-2024. Angka ini naik 20% dari US $ 359,2 miliar dalam proyek yang diselesaikan pada 2015-2019.

 

Namun, negara ini tetap berada di posisi yang sama dengan tahun lalu pada indeks laporan Kemudahan Berbisnis 2020, di 73 dari 190 negara. Selain itu, Indonesia berada di peringkat kelima di antara negara-negara ASEAN. Laporan tersebut menunjukkan tenaga kerja yang kaku dan peraturan upah minimum sebagai masalah utama.

Di tengah memburuknya ekonomi global akibat pandemi Covid-19, tantangan dalam lanskap hukum untuk bisnis dapat meningkat secara signifikan dalam waktu dekat. Dengan latar belakang inilah Asia Business Law Journal mempresentasikan daftar dari 100 pengacara terbaik (termasuk konsultan / penasihat / penasihat hukum asing) yang berpraktik di Indonesia.

 

Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Luhut Pangaribuan, saat di rumah duka Abdul Hakim Garuda Nusantara, aktivis HAM yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Komnas HAM.

Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Luhut Pangaribuan, saat di rumah duka Abdul Hakim Garuda Nusantara, aktivis HAM yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Komnas HAM. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

 

 

Daftar pengacara terbaik di Indonesia tahun 2020 dapat dilihat di akhir tulisan ini.

Daftar ini didasarkan pada penelitian ekstensif yang dilakukan dan nominasi yang diterima dari penasihat internal yang berbasis di Indonesia dan di tempat lain, serta mitra yang berfokus pada Indonesia di firma hukum internasional yang berbasis di luar negeri.
Sebagian besar pengacara dalam daftar tersebut berkantor di ibu kota negara dan kawasan pusat bisnis terbesar, Jakarta. Seperti yang diharapkan, daftar 100 pengacara top Indonesia terdiri dari kepala banyak firma hukum terkemuka di Indonesia, serta para praktisi berbakat di beberapa firma kecil dan spesialis.

Tetapi, dalam penelusuran Wartakotalive.com, daftar 100 pengacara top Indonesia tidak ada nama pengacara Hotman Paris Hutapea. Hotman Paris selama ini dikenal pengacara Rp 30 miliar dan memiliki klien sejumlah konglomerat serta aktif di media sosial.

Dalam daftar 100 pengacara top Indonesia termasuk di antaranya Ahmad Fikri Assegaf, mitra dan salah satu pendiri di Assegaf Hamzah and Partners; Tony Budidjaja, mitra pelaksana di Pengacara Internasional Budidjaja.

Juga Bagus Nur Buwono, mitra pengelola di Bagus Enrico & Partners; Mohamed Idwan Ganie, mitra pengelola di Lubis Ganie Surowidjojo; Luhut Pangaribuan, pendiri Luhut Marihot Parulian Pangaribuan. Suhardi Somomoeljono, mitra pengelola di Advokat SSA; Fred Tumbuan, pendiri dan mitra senior di Tumbuan & Partners; dan Ary Zulfikar, mitra pengelola di AZP Legal Consultants.

 

Penghargaan internasional

Jason Lloyd, mitra di Porter Hedge di AS, merekomendasikan Hadromi karena sangat responsif dan, selain dari pengetahuannya yang mendalam tentang hukum Indonesia. "Dia memberikan saran bisnis praktis yang sangat diperlukan dalam membantu kami dan klien kami membuat keputusan yang bijaksana dan bijaksana," katanya.

"Iqbal cepat, memberikan nasihat yang jelas dan sehat tidak hanya pada hukum, tetapi yang lebih penting, memberikan pendekatan berbasis solusi terhadap penyelesaian sengketa dan pemulihan untuk klien," kata John Sze.
John Sze adalah wakil mitra pelaksana di JTJB di Singapura, yang juga memuji rekan Hadromi, Alexander Nainggolan. Alex adalah pengacara korporat yang sangat berpengalaman yang selalu memberikan saran yang matang untuk pelaksanaan kesepakatan perusahaan di Indonesia.

Pendekatannya yang teliti memberi klien jaminan besar bahwa mereka akan dapat menyelesaikan kesepakatan mereka dan menjalankan rencana bisnis mereka di Indonesia tanpa hambatan yang tidak terduga atau masalah peraturan.
Pengacara dalam daftar 100 pengacara top Indonesia lainnya adalah Rio Lassatrio, mitra di LHBM Counsel. Rio menerima pujian tinggi dari H Jay Kallman di Kantor Hukum H Jay Kallman yang berpusat di AS, sebagai “pengacara yang luar biasa, berpengetahuan luas, dan rajin.

Pengacara terbaik yang pernah berinteraksi dengan saya di Indonesia, dari antara banyak. ”
Ikang Dharyanto, seorang penasihat di Nishimura Asahi di Singapura, setuju. “Rio sangat profesional dan pengacara yang berpengalaman. Dia selalu memiliki solusi praktis untuk masalah kita, ”katanya.
David Duncan, konsultan di Tilleke & Gibbins International di Thailand, menggambarkan Agus Ahadi Deradjat, mitra senior di ABNR.
“Berpengetahuan luas sebagai individu, dan juga memiliki tim hebat yang bekerja sama dengannya. Saya terus terkesan dengan pengetahuannya dan seberapa efisien dan cepat ia menghasilkan karya berkualitas," katanya.
Bintang Hidayanto, mitra di Guido Hidyanto & Partners, dipuji oleh David Platt, mitra di Pinsent Masons MPillay di Singapura, sebagai "seorang pengacara minyak dan gas, perusahaan, dan M&A yang antusias dan sangat komersial serta responsif".


Pujian yang tinggi

 

Soenardi Pardi, dari Hendra Soenardi, menerima pujian dari sejumlah klien di Indonesia. "Soenardi benar-benar tajam dalam memahami dan membedah masalah, yang mengarah ke solusi paling efisien," kata CEO PrivyID, Marshall Pribadi.

Dia juga memuji mitra Hendra Soenardi lainnya Oscar Damarjati, karena memiliki "pemahaman yang tajam tentang bisnis teknologi mendalam kami. "yang merupakan keterampilan paling dibutuhkan untuk pengacara di era 4.0 ini."
Damarjati juga direkomendasikan oleh Setiawan, dari ITDC, sebagai, “seorang pengacara muda yang energetik yang memiliki pengetahuan hukum yang luas. Dia selalu menemukan solusi alternatif untuk masalah hukum klien, dan memberi kami contoh dengan cara yang sederhana sehingga klien dapat dengan mudah memahami saran atau pendapatnya. "
Andreas Hartono, mitra senior di Andreas Sheila & Partners, adalah "seorang pengacara profesional yang sangat teliti dan kompeten yang selalu memikirkan kepentingan terbaik perusahaan saya," kata Isti Kusumawati, kepala kelompok hukum di Shimizu Corporation di Indonesia.
"Kami selalu mendapat informasi dengan baik di hampir semua hal yang terkait dengan bisnis kami, dan kami selalu merasa bahwa perusahaan kami ada di tangan yang sangat baik."
Irawan Wijayanto, pengontrol keuangan grup di Bintraco Dharma di Indonesia, merekomendasikan mitra ABNR, Freddy Karyadi, untuk "pengetahuan mendalamnya dalam bidang hukum terkait dengan perusahaan publik dan penasehat dalam aksi korporasi".
Dalam catatan yang sama, mitra pelaksana Leks & Co, Eddy Leks, direkomendasikan oleh Rama Mahendra, manajer hukum di Country Garden Group di Indonesia, sebagai "salah satu pakar dalam hukum real estat Indonesia".


Daftar pengacara wanita

 

Chandrawati Dewi, mitra di ABNR, digambarkan sebagai "sangat mampu, berpengalaman dan dapat diandalkan" oleh Cheon Kim, direktur hukum internasional Alticor Inc, di AS. Tidak ingin dikalahkan oleh rekan-rekan pria mereka, sebagian besar daftar 100 pengacara top Indonesia diisi oleh pengacara wanita terkemuka Indonesia.

Mereka antara lain : Helena Adnan, mitra senior di Adnan Kelana Haryanto & Hermanto; Melli Darsa, pendiri dan mitra senior di Melli Darsa & Co, yang baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu dari 99 wanita terkuat Globe Asia di Indonesia.
Ira Eddymurthy, mitra pendiri SSEK Legal Consultants, yang merupakan anggota International Bar Association (IBA) dan Inter-Pacific Bar Association (IPBA); Irawati Hermawan, managing partner di Hermawan Juniarto, yang saat ini aktif di beberapa organisasi seperti Kamar Dagang Indonesia, Masyarakat Transportasi Indonesia, dan Asosiasi Advokat Indonesia. Aurora Nia Holm, pendiri Kyora Law Firm, dengan keahlian luas dalam hukum perusahaan di Indonesia dan Singapura.

 

Kriteria Daftar 100 Pengacara Top Indonesia

Daftar pengacara top ini didasarkan pada penelitian ekstensif yang dilakukan oleh Asia Business Law Journal. Untuk mengidentifikasi 100 pengacara terbaik di Indonesia, kami berpaling ke ribuan penasihat internal di Indonesia dan di seluruh dunia - serta mitra di firma hukum internasional - dan meminta mereka untuk memberi tahu kami pengacara mana yang harus melakukan pemotongan.

Nominasi dilakukan oleh para profesional di berbagai perusahaan Indonesia dan global, lembaga keuangan dan firma hukum, termasuk: Adaro Energy, Grup Agung Podomoro, Alticor Inc, Aplika Karya Solusi Bisnis, Aquifer Consulting, Archi Indonesia, Assuranceforeningen Skuld, Astra International.
Juga Austrex, Bali Towerindo Sentra, Bank BTN, BFI Finance, ATM Burung & Burung, Bireven dan Rekan, Clyde & Co, Country Garden Group, DOP Law Corporation, Ventures Timur, Elken Global, Henkel, Bursa Efek Indonesia, Indonesia Tourism Development Corporation ( ITDC).
JTJB, Grup Kalla, Kennedy, Kofax, MDI Venture, Milbank, Nishimura & Asahi, Pinsent Mason MPillay, PT AXA Mandiri, PT Berau Coal, PT SMART, Reckitt Benckiser, Saratoga.


Daftar 100 Pengacara Top Indonesia 2020

Dendi Adisuryo

Bono Daru Adji

Lia Alizia

Miriam Andreta

Ignatius Andy

Arie Armand

 

Ahmad Fikri Assegaf

Ibrahim Sjarief Assegaf

Ivan Baely

Wahyuni Bahar

Theodoor Bakker

 

Tony Budidjaja

Tjahjadi Bunjamin

Bagus Nur Buwono

Michael Carl

Oscar Damarjati

 

Iqbal Darmawan

Melli Darsa

Agus Ahadi Deradjat

Luke Devine

Chandrawati Dewi

 

Mita Djajadiredja

Ira Eddymurthy

Fransisca

Mohamed Idwan Ganie

Daniel Ginting

 

Bonie Guido

Indri Pramitaswari Guritno

M Iqbal Hadromi

Chandra Martha Hamzah

Al Hakim Hanafiah

 

Dianyndra Kusuma Hardy

Andreas Hartono

Stefanus Haryanto

Eddy Hendra

Irawati Hermawan

 

Bintang Hidayanto

Iril Hiswara

Rahayu Ningsih Hoed

Aurora Nia Holm

Pheo Hutabarat

 

Arie Hutagalung

Enrico Iskandar

Prudence Jahja

Darrell Johnson

 

Cornel B Juniarto

Andi Kadir

Mohamad Kadri

Freddy Karyadi

Andy Kelana

 

Emir Kusumaatmadja

Justisiari P Kusumah

Rio Lassatrio

Eddy Marek Leks

Vincent Ariesta Lie

 

Todung Mulya Lubis

Daru Lukiantono

Yozua Makes

Insan Budi Maulana

Giovanni Mofsol Muhammad

 

Alexander Nainggolan

Ratih Nawangsari

Putu Raditya Nugraha

Emir Nurmansyah

Pramudya A Oktavinanda

 

Sugianto Osman

Luhut Pangaribuan

Soenardi Pardi

Robert Reid

Harun Reksodiputro

 

Barryl Rolandi

Abdul Haris Muhammad Rum

Johannes Sahetapy-Engel

Kirana Diah Sastrawijaya

 

Iwan Setiawan

Leoni Silitonga

Andi Simangunsong

A Kemalsjah Siregar

Tasdikiah Siregar

 

Zippora Siregar

Veronica Situmorang

Rahmat Soemadipradja

Dyah Soewito

 

Suhardi Somomoeljono

Jonathan Streifer

Timur Sukirno

Arief Tarunakarya Surowidjojo

Gunawan Suryomurcito

 

Hafzan Taher

Christian Teo

Abadi Abi Tisnadisastra

David Tobing

Fred Tumbuan

 

Jennifer Tumbuan

Michael Twomey

Luky I Walalangi

Widyawan

Frans Winarta

Zacky Zainal Husein

Ary Zulfikar

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive