Istri "Serang" Presiden Jokowi, Serda K Ditahan 14 Hari

Postingan-Ajeng-Larasati.jpg
(Dispen AD)

RIAU ONLINE, JAKARTA- KSAD Jenderal Andika Perkasa beserta jajaran menggelar sidang pagi Selasa 19 Mei 2020. Sidang digelar lantaran Jenderal Andika banyak mendapat laporan soal posting-an istri Serda K yang merupakan anggota Kodim Pidie, Aceh.

TNI AD kembali menghukum salah seorang prajuritnya lantaran ulah istri yang mem-posting sindiran kepada pemerintah di media sosial. Kali ini Serda K ditahan karena istrinya mengunggah tulisan yang dianggap menyerang Presiden Joko Widodo.

"Menjatuhkan Hukuman Disiplin Militer kepada Serda K yang merupakan anggota Kodim Pidie, Korem Lilawangsa, Kodam Iskandar Muda (Aceh), berupa penahanan ringan sampai dengan 14 hari karena tidak menaati perintah kedinasan yang sudah dikeluarkan berulang kali tentang larangan penyalah gunaan sosial media oleh Prajurit TNI AD dan keluarganya," ungkap Kadispen TNI AD Kolonel Inf Nefra Firdaus, Nefra dalam keterangan tertulis.

Selain itu, TNI AD mendorong proses hukum terhadap istri Serda K. Perempuan berinisial AL itu diduga melanggar UU ITE.

"Mendorong proses hukum terhadap Saudari AL dalam kapasitasnya sebagai anggota Persatuan Istri TNI AD atas dugaan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," jelas Nefra.

Selanjutnya, sidang disiplin militer terhadap Serda K akan digelar,  Rabu 20 Mei 2020 pagi, di Makodim Pidie.

"Sidang Disiplin Militer terhadap Serda K akan dipimpin oleh Komandan Kodim Pidie sebagai Atasan yang Berhak Menghukum dari Serda K dan sudah dijadwalkan untuk digelar pada jam 10.00 hari Rabu besok, 20 Mei 2020, di Makodim Pidie," tambah Nefra.


Nefra pun mengirim tangkapan layar posting-an istri Serda K di Facebook. Akun bernama Ajeng Larasati awalnya mem-posting sebuah tautan berita soal Konser 'Bersatu Melawan Corona' yang juga turut melibatkan Presiden Jokowi.

 

Tangkapan Layar postingan istri Serda K

Tangkapan Layar postingan istri Serda KTangkapan Layar postingan istri Serda K. (Dok Dispen AD)

"Semoga Allah mengampuni dosa2mu pakde," tulis akun Ajeng Larasati.

Ajeng kemudian membalas komentar dari salah satu akun yang menanyakan soal konser itu. Ia menyoroti soal konser yang tidak memperhatikan anjuran jaga jarak di tengah pandemi Corona ini.

"Sedih ya bu Mona Va.. punya pemimpin yg plin plan gitu.. Ntah mau di bawa k mn bangsa ini," ucap Ajeng dalam kolom komentar posting-annya.

Sebelumnya, anggota TNI Rindam Jaya yang berada di bawah komando Kodam Jaya, Sersan Mayor T, dijatuhi hukuman disiplin berupa penahanan ringan selama 14 hari lantaran istrinya, SD, menghina pemerintah di media sosial. SD juga dilaporkan ke pihak kepolisian karena melakukan penghinaan.

T ditahan lantaran tidak bisa menjalankan perintah kedinasan terkait penggunaan media sosial. Dalam hal ini, T tidak dianggap tidak dapat membina istrinya terkait penggunaan media sosial, di mana ada aturan soal ini di instansi TNI. SD yang posting-annya di Facebook itu menjadi viral, terbukti telah menyalahgunakan media sosial.

Adapun SD membuat posting-an di akun Facebooknya, Suswati DIY. Dalam komentar, dia menuliskan kata-kata dalam bahasa Jawa 'mugo rezim ndang tumbang sblm akhir tahun 2020' yang artinya 'semoga rezim segera tumbang sebelum akhir tahun 2020'.

Seorang teman SD mengingatkan lewat kolom komentar terkait pekerjaan sang suami yang mendapat gaji dari pemerintah. SD balas berkomentar dengan kalimat 'sing gaji TNI bkn negoro ning rakyat, duite seko rakyat' yang artinya 'yang menggaji TNI bukan negara tapi rakyat, uangnya dari rakyat'. Saat ini akun SD di Facebook sudah tidak bisa ditemukan. Artikel ini sudah terbit di Detik.com