Posisi Gibran Makin Kuat di Pilkada Solo setelah Prabowo Berikan Restu

Presiden-dan-Gibran-ke-pameran-sepatu.jpg
(Biro Pers Istana Negara)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Posisi Bacalon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka semakin kuat setelah Gerindra diminta untuk mendukung putra Presiden Jokowi tersebut di Pilkada Solo. Sebelumnya Gibran telah mengikuti fit and proper test terkait pencalonan Pilwalkot Solo di DPP PDIP, Senin 10 Februari 2020.


Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dacso Ahmad menyebut, Ketum Gerindra Prabowo Subianto juga telah menginstruksikan kadernya untuk mendukung Gibran di Pilwalkot Solo.


“Ya, kalau soal dukung mendukung, ya, kami juga sudah ada arahan untuk mendukung (Gibran),” kata Dasco di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.

 

Gibran Rakabuming bersantap soto usai mendaftar calon Wali Kota Solo

Dasco mengatakan, saat ini, partainya melihat Gibran masih menjadi kandidat terkuat di Pilwalkot Solo. Terkait peluang Gerindra akan berkoalisi dengan PDIP dalam mendukung Gibran, Dasco belum menjelaskan lebih lanjut.


“Ya, kalau internal informasi sementara, ya, calon kuat masih yang bersangkutan (Gibran),” jelasnya.
“Ya, nanti itu kewenangan sepenuhnya di badan seleksi untuk menentukan koalisi dengan siapa,” sambung Dasco. 
Peresmian patung Presiden Pertama RI


Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani, mengatakan hasil dari fit and proper test ini akan disampaikan kepada Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri untuk dijadikan bahan pertimbangan. Puan mengatakan, PDIP akan memutuskan mengusung Gibran atau Purnomo secepatnya.


“Nanti hasilnya yang diputus itu masukan secara berjenjang ke Ketum dan diputus Ketum,” ujar Puan.
“Secepatnya diputuskan. Jadi ada beberapa rekomendasi namun kota Solo perlu waktu beberapa saat untuk kemudian diputuskan siapa yang akan mendapatkan rekomendasi,” kata Puan

-->