Diminta Presiden Jokowi Aktifkan BPBD, Gubernur Anies Bilang Begini

Gubernur-DKI-Jakarta-Anies-Baswedan.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo meminta agar Gubernur Anies mengaktifkan BPBD daerah sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mengataasi banjir.

Terkait  itu, Anies Baswedan menyebut penanganan banjir di Jakarta ditangani tingkat lurah. Karena posisi setiap kota di Jakarta jaraknya tidak berjauhan.


"Sebenarnya kalau di Jakarta ini pengendalian di tingkat lurah. Inikan kota sesungguhnya, cuma dikasih nama provinsi, dan jangkauannya dekat-dekat semua," kata Anies di Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat 3 Januari.


Anies menekankan Jakarta sebenarnya hanya sebuah kota. Namun diberikan status provinsi. Padahal Jakarta menurutnya tak seluas itu.
"Jakarta ini hanya 600 Km persegi. Ini kota, tapi status provinsi," jelas Anies.


Selain itu Anies menilai, bantuan yang berjalan di tingkat lurah dapat disalurkan dengan cepat. Sehingga menurutnya DKI belum membutuhkan badan setinggi BNPB.


"Jadi tingkat lurah dan teman-teman lihat aja yang bekerja di sini, atau lurah. Jadi proses bantuan itu berjalan dengan cepat, lain dengan provinsi yang wilayahnya luas," tutupnya.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com