Kunjungan Kerja di Yogyakarta, Jokowi Kulineran, Makan Ingkung

Jokowi-ke-Riau-Bahas-Asap.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HUMAS PEMPROV RIAU)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Presiden Jokowi mengunjungi Yogyakarta, meresmikan bendungan Kamijoro di Kulon Progo, Selasa (31/12/2019).

Setelah itu, Jokowi santap siang di Warung Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol. Lokasi warung ini letaknya berada di Jalan Raya Sedayu-Pajangan dan juga tak jauh dari jalan utama Jogja-Wates.

Pemilik warung, Hendri Prasetyo mengklaim, jika warungnya menjadi pilihan, karena menu yang disajikan berbau tradisional. Sop iga ataupun Ingkung Ayam Kampung menjadi pilihan Presiden Joko Widodo bersama rombongan.

"Alhamdulillah Pak Presiden sangat menyukai makanan yang disajikan di warung kami," tuturnya.


Untuk menjamu para tamu kenegaraan termasuk presiden kali ini, pihaknya sengaja menghadirkan menu yang selama ini menjadi andalan dari warung tersebut. Pihaknya menyajikan ingkung original dan ingkung goreng serta beberapa menu andalan di warung ini tak luput disajikan.


Hendri mengaku tidak ada hidangan khusus yang disajikan kepada Jokowi. Namun menu yang dipesan oleh presiden adalah menu-menu spesial di warung tersebut. Di antaranya seperti iga bakar madu, gurame bakar madu, ayam ingkung Jawa original, ingkung Jawa bakar, sama ingkung Jawa goreng.

"Kalau makanan yang disantap beliau Ingkung Jawa Original," tuturnya.
Ingkung Jawa Original adalah ingkung yang dimasak menggunakan santan dan dalam waktu yang lama menggunakan api kecil sehingga mengeluarkan 'Areh' atau sari santan.


Untuk minumannya, Presiden Jokowi memesan minuman tradisional beras kencur dan juga kunir asem. Sementara untuk minuman modern yang dipesan adalah melon squash dan juga lychee squash.
"Namun yang diminum oleh Jokowi ternyata adalah kelapa muda murni," ungkapnya.


Hendri mengaku sangat senang dan bangga didatangi oleh Presiden Jokowi. Dia mengaku tidak menyangka dengan tempat yang kecil ternyata dipilih oleh tamu negara selevel Presiden Joko Widodo.


Hendri mengatakan dirinya dihubungi oleh pihak Paspampres sejak hari Jumat yang lalu. Sehingga dirinya hanya memiliki waktu 2 hari untuk menyiapkan tempat dan segala sesuatunya termasuk makanannya. Untuk menjaga keamanan makanan yang disantap oleh Presiden, makanan yang disajikan juga telah diuji.

"Yang ke sini tadi sudah ada BPOM yang melakukan uji makanan yang kami sajikan,"tambahnya.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com

-->