Taipan Properti Indonesia, Ciputra Meninggal Dunia

Ciputra.jpg
(TEMPO/Chitra Paramaesti.)

RIAU ONLINEJAKARTA-Tokoh Properti nasional, Ir Ciputra meninggal pada Rabu dini hari 27 November 2019. Pengusaha properti sekaligus salah satu pendiri Majalah Tempo tersebut wafat pada usia 88 tahun.

Kabar meninggalnya Ciputra dibenarkan oleh salah satu pendiri Tempo lainnya, Goenawan Mohamad. "Iya, benar," ujar pria yang akrab disapa GM tersebut.

Ciputra meninggal pukul 01.05 WIB. Jenasah taipan properti tersebut rencananya akan dibawa ke Jakarta, namun belum pasti kapan pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah itu akan dikebumikan.

"Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini. Jadwal pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenasah tiba di Jakarta," bunyi pernyataan yang Tempo terima.

Ciputra yang menyandang gelar insinyur dari Institut Teknologi Bandung meninggalkan empat anak dari pernikahannya dengan Dian Sumeler.

Sebagai pengusaha, Ciputra sempat dianggap sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dan juga di dunia. Pada Maret lalu, majalah Forbes memasukkan keluarga Ciputra dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Total kekayaan keluarga Ciputra ditaksir mencapai 1,1 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp 15,4 triliun.

Selain sebagai pengusaha properti, Ciputra juga dikenal sebagai salah satu pendiri Majalah Tempo melalui Yayasan Jaya Raya yang dipimpinnya. Bersama Goenawan Mohamad, Fikri Jufri, dan sejumlah tokoh lainnya, Ciputra mendirikan PT Grafiti Pers yang menaungi majalah terbesar di Indonesia tersebut.

Artikel ini sudah terbit di Tempo.co