Jelang Laga Timnas Indonesia Kontra Malaysia, Tan Chen Hoe Puji Yeyen Tumena

Indonesia-kalahkan-Timor-Leste.jpg

RIAU ONLINE, JAKARTA-Jelang laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pelatih Timnas Malaysia, Tan Chen Hoe, memuji pelatih baru Timnas Indonesia, Yeyen Tumena. Malaysia bakal menjamu Indonesia dalam laga ini.

PSSI yang baru saja memecat Simon McMenemy sebagai pelatih kepala menunjuk Yeyen Tumena yang merupakan asisten pelatih, sebagai caretaker. Yeyen Tumena mengambil alih tugas Simon McMenemy yang dipecat karena rentetan hasil buruk yang diperoleh Indonesia di mana mereka selalu kalah dalam empat laga sebelumnya.

Tan Cheng Hoe memuji penunjukkan Yeyen Tumena sebagai pelatih sementara Timnas Indonesia. Ia menyatakan bahwa Yeyen adalah pelatih yang baik dan bisa membawa perubahan bagi skuatd Garuda. "Indonesia tiba di Kuala Lumpur lebih awal dan juga menyaksikan pertandingan kami melawan Thailand," kata Tan Cheng Hoe, dikutip BolaSport dari New Straits Times.

"Yeyen telah membawa beberapa pemain baru, sehingga pendekatan mereka bisa berbeda pada hari Selasa,” ujar Cheng Hoe. Baca juga: Pelatih PSM Makassar Keluhkan Jadwal Liga 1 yang Terlalu Padat Cheng Hoe pun mengingatkan pemainnya untuk mengendalikan emosi dalam laga yang sarat gengsi tersebut. Dia tidak ingin melihat insiden buruk di lapangan yang akan memancing reaksi suporter dan menimbulkan masalah yang tidak perlu.

"Saya ingin pemain saya berkonsentrasi hanya pada bermain dengan instruksi dan taktik. Fokusnya adalah mengumpulkan tiga poin dalam laga ini," kata Cheng Hoe. "Selalu lebih mudah untuk bermain di kandang daripada tandang, dan kami akan bermain di depan 80.000 penggemar, di mana selalu menjadi pemain ke-12 kami,” sambungnya.

Dirinya juga berharap dukungan suporter sehingga mampu memperkuat mental anak asuhnya. "Penggemar kami selalu memberi kami dukungan besar. Saya harap mau dan kami bisa melakukan sesuatu, dan kami bisa mengalahkan Indonesia lagi," katanya.

Pada akhir wawancara, Cheng Hoe meminta pemain tidak memikirkan kejadian sebelumnya dan fokus pada tujuan awal yakni lolos ke Piala Dunia. "Saya ingin pemain melakukan tugas mereka daripada memikirkan insiden masa lalu," kata Cheng Hoe.

"Saya tidak ingin mereka menjadi emosional. Kami harus fokus untuk mendapatkan hasil yang baik dan faktor luar harus dikesampingkan," ujarnya. Pada putaran pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 5 September 2019, Indonesia kalah 2-3

Artikel ini sudah terbit di Kompas.com