Ilham Akbar Habibie: 3 T Kunci Bangun Generasi Inovatif

Orasi-Ilmiah-Ilham-Akbar-Habibie.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Anak mantan Presiden Indonesia, Prof BJ Habibie, Dr Ing Ilham Akbar Habibie, mengatakan, dalam membangun generasi yang inovatif diperlukan tiga hal mendasar. 

Tiga hal mendasar tersebut terdiri dari 3 T, antara lain Teknologi, Talenta, dan Toleransi atau Terbuka. Teknologi menjadi fondasi dalam inovasi didukung dengan talenta atau bakat dimiliki dan terbuka serta bertoleransi dalam berkomunikasi dengan orang lain.

"Inovasi harus masuk dalam bidang kewirausahaan, sehingga teknologi tersebut bermanfaat dan berkelanjutan. Inovasi teknologi harus menjadi bentuk industrialisasi atau komersialisasi dalam memproduksi produk dalam jumlah banyak dan menguntungkan," kata CEO PT Ilthabi dan Pakar Penerbangan Indonesia ini.

Ilham Akbar dan Wisudawan

 

 

Ilham Akbar memberikan orasi ilmiahnya di depan ratusan pasangan mata dalam acara Wisuda Angkatan III Universitas Tanri Abeng 2019 dengan tema ”Membangun Generasi Inovatif, Kreatif, Kompetitif, dan Berintegritas di Era Digital”, Sabtu, 31 Agustus 2019, di Auditorium Kampus Universitas Tanri Abeng, Jakarta.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanri Abeng, Dr Tanri Abeng, MBA. menjelaskan, sekitar 90 persen lulusan universitasnya sudah ditampung di perusahaan-perusahan sesuai dengan target pendirian universitas.

Ilham Akbar Habibie

DR Ing Ilham Akbar Habibie

 

Ini juga sesuai dengan tagline Universitas Tanri Abeng, Career Ready Professionals. Turut hadir sebagai tamu undangan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Bapak Amrizal, secara khusus datang mendampingi sekitar 35 wisudawan asal Kabupaten Belitung Timur. Mereka merupakan penerima beasiswa Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur.

Pada wisuda kali ini, para wisudawan berasal delapan dari 10 program studi, antara lain Program Studi Administrasi Bisnis, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Perminyakan, dan Teknik Sipil. Universitas Tanri Abeng berupaya untuk terus meningkatkan tidak hanya dari sisi kuantitas, tetapi juga kualitas lulusannya.