Pesawat Asing Masuk Indonesia Tanpa Izin Diduga Airbus dari Brunei

Sukhoi-Su-35.jpg
(http://lapan6online.com)

RIAU ONLINE, TANJUNGPINANG - Pesawat tempur TNI Angkatan Udara (TNI AU) jenis Sukhoi berjumlah dua unit, berhasil mengusir pesawat asing yang terbang di timur Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu, 31 Oktober 2018, pukul 13.15 WIB. 

Berdasarkan informasi, dilansir dari liputan6.com, media partner RIAUONLINE.CO.ID, pesawat asing yang masuk ke wilayah Kepri tanpa izin itu jenis Airbus A320. Pesawat tersebut diduga berasal dari Brunei Darusalam.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Kolonel Pnb M Dadan Gunawan mengatakan, pengusiran berhasil dilaksanakan setelah dilakukan melalui kontak visual.

"Pengusiran melalui radio telekomunikasi tidak berhasil, kemudian dilakukan kontak visual," ungkapnya.

Dadan tidak membantah saat proses pengusiran, status pesawat asing itu kuning atau waspada.

 


Ia menegaskan, penurunan paksa pesawat asing tersebut tidak perlu dilakukan jika pesawat itu mau keluar wilayah udara NKRI. Seandainya pilot pesawat itu masih nakal, maka dua pesawat tempur AU buatan Rusia tersebut akan memaksanya turun ke Bandara Hang Nadim Batam.

"Dugaan sementara kami, pesawat asing yang 'bermain-main' di sebelah timur Tanjungpinang itu sedang 'test flight'. Mungkin pesawat itu baru diperbaiki," ujarnya dilansir Antara.

Sementara, terkait jenis dan asal pesawat asing tersebut, Dadan mengaku belum mendapatkan informasi dari anggotanya.

Menurut dia, seluruh kegiatan pengusiran didokumentasikan. Dari dokumentasi tersebut akan diketahui jenis pesawat dan milik negara apa. "Nanti akan diketahui setelah dilihat foto dan videonya," ucapnya.

Berdasarkan perintah Mabes AU, dua Pesawat Sukhoi masih berjaga-jaga di sekitar wilayah udara Kepri.

Sementara, terkait berapa jumlah pelanggaran yang dilakukan pesawat asing di wilayah udara NKRI, Dadan menegaskan Satuan Radar yang memiliki wewenang untuk menjelaskannya.

Berita ini sudah naik di liputan6.com dengan judul Bandel, Pesawat Asing Diusir Pesawat Tempur TNI AU di Tanjungpinang

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id