ÔĽŅ

Kasus Dugaan Suap PLTU Riau-1, Partai Ini Terancam Jadi Tersangka

golkar.jpg
(TIMES Indonesia)


RIAU ONLINE - Partai Golkar terancam menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa menjerat Golkar sebagai tersangka dengan pidana korporasi jika terbukti menerima uang suap dari proyek tersebut.

Terkait hal itu, Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus menyatakan partainya menghormati proses hukum yang berjalan.

"Saya katakan, kita hargai proses hukum yang berlaku. Kita hargai apa yang akan dilakukan KPK. Kita sesuaikan saja," ucap Lodewijk, seperti dilansir dari Liputan6.com, jaringan RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 4 September 2018.

Baca Juga: Eni Saragih Mengaku Uang Suap PLTU Riau-1 Mengalir ke Munaslub Golkar

Golkar, ditegaskannya, sangat menghormati upaya yang dilakukan KPK. Namun, dia tidak menjelaskan langkah yang akan diambil pihaknya.

 

"Intinya Partai Golkar sangat menghormati upaya langkah-langkah hukum yang dilakukan oleh KPK," jelas Lodewijk.

Dia juga enggan mengatakan apakah ini memang akan mengganggu elektabilitas Golkar. Telebih jelang Pemilu 2019.

Klik Juga: Mensos Idrus Marham Diperiksa Lagi Terkait Suap PLTU Riau-1

"Kalau dikatakan itu mengganggu ya kita tetap melangkah ke depan. Saat orang sudah mulai sprint, dia tidak melihat kiri kanan lagi. Dia fokus pada target," pungkasnya.

 

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, sebelumnya menyatakan Golkar bisa jadi tersangka korporasi dalam kasus dugaan suap PLTU Riau-1 jika terbukti menerima uang suap dari proyek tersebut.

"Kalau itu bisa kita buktikan (ada dugaan aliran suap PLTU Riau-1), itu bisa (Ditetapkan sebagai tersangka korporasi), tapi sampai sekarang belum," kata Basaria Panjaitan, Senin, 3 September 2018.

Lihat Juga: Kasus Suap PLTU Riau-1, Pemprov: Kita Tidak Terlibat

Penetapan Golkar yang merupakan sebuah organisasi berbadan hukum sebagai tersangka, bisa dilakukan merujuk pada Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Tindak Pidana oleh Korporasi.

Berita ini sudah tayang di Liputan6.com, dengan judul Golkar Terancam Jadi Tersangka Kasus PLTU Riau, Sekjen: Kita Hormati Hukum

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id