Aktual, Independen dan Terpercaya


PKS Tolak AHY Jadi Cawapres Prabowo, Menteri Sajalah

Pertemuan-SBY-Prabowo.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan tegas menyatakan tak setuju apabila Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon wakil presiden (cawapres), mendampingi Prabowo Subianto.

Pernyataan ini disampaikan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid. Diungkapkannya, alasan penolakan PKS lantaran umur AHY dinilai masih kurang untuk menjajaki kursi cawapres.

Ditambah lagi pernyataan ayahnya, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyatakan bahwa posisi AHY cukup menteri saja.

"Masalah umur (alasan PKS tak setuju), tetapi yang utama adalah kami mempertimbangkan pernyataan Pak SBY sendiri. Beliau katakan tidak memaksakan atau tidak harus Pak AHY (cawapres). Itu kan harus kita hormati, bapaknya kan paling mengerti putranya dan beliau masih muda, masih panjang perjalanannya. Mungkin beliau jadi menteri dulu, itu hal yang lebih mungkin," kata Hidayat di Gedung DPR dikutip dari Beritasatu.com, Sabtu 28 Juli 2018.

Kendati demikian, dikatakannya, tidak masalah jika Demokrat bergabung dengan koalisi Gerindra, PKS, dan PAN. Hanya saja untuk siapa yang menjadi capres dan cawapres harus dibicarakan bersama-sama antarpartai koalisi tersebut. Khusus Demokrat, bahkan pihaknya masih berpatokan atas pernyataan SBY yang menegaskan tidak memaksa AHY menjadi cawapres.

Sejauh ini PKS juga masih mengandalkan sembilan nama capres dan cawapres yang diusung kendati untuk kepastiannya tetap harus dibahas bersama-sama partai koalisi. Terlebih selama ini juga partai-partai yang merapat ke Gerindra belum melakukan pertemuan bersama secara resmi dan baru pertemuan bilateral antarpartai saja.

"Ya saya berharap semuanya legawa ya, bukan hanya PKS tapi semuanya legawa untuk menerima hasil keputusan bersama oleh partai-partai koalisi. Nanti kan keputusan apa, belum diketahui, tetapi prinsipnya,PKS inginnya 2019 ganti presiden," pungkasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id