Menebak Nama Cawapres Jokowi yang Bakal Gemparkan Indonesia

Jokowi-hadiri-peringatan-hari-lahir-NU.jpg
(ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE - Joko Widodo, calon presiden petahana sudah mengantongi pendampingnya di Pilpres 2019.

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mengungkapkan, nama-nama calon wakil Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019 akan membuat gempar Indonesia. Namun dengan senang hati diterima oleh semua partai koalisi.

"Pasti itu pendamping yang hebat, pasti diterima dengan senang hati oleh semua partai koalisi. Pasti membuat gempar Indonesia, karena itu tokoh yang cocok untuk Indonesia 2019-2024," ungkap Johnny kemarin.

Menurut Johnny, pendamping Jokowi di Pilpres 2019 merupakan tokoh menonjol di Indonesia. "Ini tokoh-tokoh prominent Indonesia. Karenanya harus menjaga reputasi mereka. Jangan di-downgrade harus dijaga," kata Johnny.

Sayangnya, Johnny belum bersedia membeberkan nama-nama calon yang dimaksud. Namun ia menegaskan, Presiden Jokowi telah mengantongi nama yang akan menjadi pendampingnya dalam Pilpres 2019 mendatang.


Menurut dia, Jokowi akan mengungkapkan ke publik pada momentum politik yang tepat. Johnny pun meminta semua pihak untuk sabar menunggu waktu tersebut tiba.

"Mudah-mudahan sebelum akhir bulan sudah ada, jadi kita tunggu. Komunikasi politik yang dilakukan dengan pemimpin parpol terus dilakukan secara dinamis. Nanti tinggal Pak Jokowi dengan ketua-ketua partai sebelum mengumumkan akan bertemu," kata Johnnya menjelaskan.

Sementara, Ketua Umum PPP Romahurmuziy menuturkan, Presiden Jokowi mengantongi 10 nama yang digadang menjadi cawapresnya. Menurut Romi, sapan karibnya, nama-nama itu telah disampaikan kepada ketua umum partai pendukung.

Namun, ia enggan membocorkan nama-nama calon pendamping Jokowi tersebut. Romi hanya memberikan kisi-kisi figur tokoh yang sudah di kantong Jokowi.

"Saya hanya bisa katakan dari 10 nama ada figur politisi, ada figur cendikiawan, purnawirawan TNI Polri dan kalangan teknokrat dan profesional," kata Romi.

Dia mengatakan, perihal figur cawapres Jokowi tinggal dibahas bersama dengan semua pimpinan partai koalisi. Belakangan, kata Romi, Jokowi meminta pendapat masing-masing ketua umum terkait 10 nama yang sudah ada.

"Saat ini kami masih terus mencermati nama-nama tersebut, meminta masukan dari para ulama meminta pandangan dari dewan pimpinan wilayah untuk respons 10 nama itu," kata dia.

Berita ini kali pertama diterbitkan Liputan6.com dengan judul Siapa Cawapres Jokowi yang Bikin Gempar Indonesia