Kemana Demokrat Akan Berlabuh? Jokowi atau Prabowo?

Prabowo-dan-Jokowi.jpg
(LIPUTAN6.COM)

RIAU ONLINE - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan hingga saat ini presidential threshold (PT) masih menjadi fokus Demokrat untuk membentuk atau tidaknya poros ketiga. Untuk itu, ia optimis poros ketiga akan terbentuk jelang Pilpres 2019.

"Kalau dari jumlah (PT) itu bisa, kemungkinan ada tiga poros," ujar Syarief, Senin, 4 Juni 2018.

Syarief menyebutkan, Partai Demokrat akan membahas koalisi Pilpres usai Pilkada Serentak. Dikatakan Syarif, sejumlah tokoh menjadi pertimbangan partainya untuk diusung di Pilpres 2019.

Tokoh-tokoh tersebut adalah Presiden Petahana, Joko Widodo, Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, hingga Agus Harimurti Yudhoyono. Diakuinya, saat ini partainya masih berkomunikasi dengan tokoh-tokoh yang dianggap berpotensi.

"Kita belum bahas soal koalisi. Siapa capres dan cawapresnya. Insyaallah setelah Pilkada," tutur Syarief.


Sementara terkait peristiwa cium tangan Gatot Nurmantyo kepada SBY, kata Syarif, hal itu merupakan hubungan emosional senior dan junior dalam militer. Bukan karena Gatot diusung sebagai calon presiden oleh Demokrat.

Saya pikir tidak ada. Itu kan acara silaturahmi. Jangan diartikan yang lain-lain dulu lah," ucap Syarief.

Semua nama-nama yang berpotensi untuk diusung menjadi capres dan cawapres itu pun akan digodok dahulu di Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Kita lihat aja nanti, koalisi yang terbentuk bagaimana," pungkasnya.

Berita ini kali pertama diterbitkan Liputan6.com