Presiden RI Setuju Bangun Museum Tokoh Pers Adinegoro

Jokowi-di-rumah-Adinegoro.jpg
(Biro Pers Istana Negara)

RIAU ONLINE, PADANG - Dalam lawatannya ke Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka hari pers nasional 2018, Presiden Joko Widodo menyempatkan berkunjung ke rumah kelahiran Djamaluddin Adinegoro di Jalan M Yamin, Nagari Talawi Mudik, Kecamatan Talawi, Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat, pada Kamis 8 Februari 2018.

Djamaluddin Adinegoro ini merupakan salah satu tokoh pers dan kesusastraan Indonesia. Kedatangan Jokowi merupakan bentuk apresiasinya terhadap Adinegoro.

"Beliau tokoh pers yang betul-betul harus kita ingat. karena sekarang ini kita cenderung meninggalkan kesusastraan sehingga baik sisi jurnalisme, sisi penulisan harus mengingat kembali kesejarahan dari beliau Bapak Djamaluddin Adinegoro," ujar Presiden Jokowi.

"Rumah tersebut sudah tidak ada tinggal pondasinya, luas 2.459 meter prsegi. di situlah Bapak Adinegoro lahir dan dibesarkan," kata Presiden.

Terlahir dengan nama Djamaluddin Gelar Datuk Maradjo Sutan dan nama pena Adinegoro, karya sastra Djamaludin Adinegoro yang terkenal dan melegenda adalah 'Darah Muda', 'Asmara Jaya', 'Melawat ke Barat’. Warisan berharga beliau lainnya adalah atlas pertama Indonesia dan ensiklopedia berbahasa Indonesia pertama.


Kehadiran dirinya tidak hanya sekedar memberi sertifikat yang sudah lama tidak bisa diselesaikan. 
"Dari keluarga besar juga menyampaikan, lahan yang ada akan digunakan untuk museum Adinegoro," kata Kepala Negara.

Kepada pihak keluarga, Presiden menyampaikan bahwa pemerintah sangat mendukung pembangunan museum di lahan tersebut.

Kelak di museum itu kita dapat mengenal karya-karya dan jejak langkah beliau sebagai wartawan dan sastrawan yang begitu besar perannya dalam memajukan pers Indonesia, pers yang bertanggungjawab, dan pers yang menggalang persatuan bangsa. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id