Golkar Resmi Tunjuk Bambang Soesatyo Jadi Ketua DPR

Bambang-Soesatyo.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Fraksi Partai Golkar telah resmi menunjuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto. Saat ini Setnov menjadi tersangka korupsi mega proyek e-KTP.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengumumkan langsung Bamsoet menjadi ketua DPR di Kantor Fraksi Golkar, DPR, Jakarta, Senin 15 Januari 2018.

"Memang sengaja kami lakukan ini di Fraksi, karena ini memang bagian dari institusi lembaga DPR. Sehingga secara resmi kami sampaikan beberapa keputusan dari Dewan Pimpinan Partai Golkar, tentang penetapan saudara Bambang Soesatyo menjadi ketua DPR RI," kata Airlangga dilansir SUARA.COM, Senin 15 Januari 2018.

Menteri Perindustrian itu mengatakan, penunjukan Bambang melalui tahapan dan mekanisme di internal Partai Golkar. Koordinasi dilakukan dengan Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, dan pembahasan di dalam rapat DPP tingkat koordinator bidang atau harian terbatas telah dilewati.


Menurut Airlangga, nama-nama yang sempat muncul ke publik sebagai calon Ketua DPR RI memiliki kemampuan dan kelebihan masing-masing untuk menjadi Ketua DPR.

"Tapi setelah dilakukan komunikasi dalam lingkungan yang strategis dan lingkungan politik, maka Bambang Soesatyo lah yang ditetapkan untuk mengisi jabatan lowong Ketua DPR RI," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan Bambang mempunyai pengalaman panjang dalam proses politik di DPR menjadi salahsatu pertimbangan penunjukan dirinya sebagai Ketua DPR.

"Sehingga tentunya telah memahami hakikat sistem, fungsi kelembagaan DPR. Pak Bambang juga mempunyai konseptual yang baik, dia memiliki ide dan gagasan," kata Airlangga.(2)