Tahun Depan, Toyota Avanza Bakal Jadi Mobil Angkot

Toyota-Avanza-Transmover.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Toyota Astra Motor mengajukan salah satu varian kendaraan andalannya untuk menjadi salah satu kendaraan angkutan kota (angkot) yang beroperasi di jalanan Ibukota Jakarta.

Hal ini dibenarkan Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor, Fransiskus Soerjopranoto. Ia mengakui bahwa Toyota menawarkan varian Avanza seri Transmover untuk jadi angkot pada tahun 2018 mendatang. Pihaknya kini sedang mempelajari segala sesuatu yang diperlukan sebagai penyuplai armada angkot Jakarta.

"Masih dikaji," kata Soerjopranoto seperti dikutip dari Suara,com, Rabu, 20 Desember 2017.

Sebelumnya, Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan, menjelaskan bahwa mereka akan merevitalisasi angkot dengan kendaraan low multi purpose vehicle (LMPV) mulai kuartal satu 2018 dan sudah ada empat pabrikan yang mengajukan diri sebagai distributor. Empat pabrikan itu ialah Toyota (mengajukan Avanza), Wuling (Confero), Suzuki (APV), serta Daihatsu (Gran Max).

Nantinya, pilihan kendaraan diserahkan kepada masing-masing operator angkot. Untuk Toyota, Avanza Transmover lah yang mereka kedepankan.

"Seperti dijelaskan di awal peluncuran Transmover, memang kendaraan ini disiapkan untuk bisnis transportasi publik seperti taksi, tapi bukan taksi online karena itu ada unsur personalnya," papar Soerjopranoto.

Menurut dia, Avanza Transmover bakal dipermak dengan konfigurasi dua bangku di baris tengah yang memungkinkan tiga penumpang di baris paling belakang dapat keluar masuk dengan gampang." Ada celah (di baris kedua) supaya penumpang di baris ketiga leluasa keluar-masuk," jelasnya.

Toyota telah mengantisipasi permintaan 1.000 unit Avanza Transmover dalam setahun dari para operator angkot Jakarta. Namun, mereka siap memenuhi permintaan lebih dari itu.

Organda DKI sendiri secara total akan mengganti 7.000-8.000 armada secara bertahap mulai Februari atau Maret 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id 

-->