Gempa 4,1 SR Guncang Padang Lawas

GEMPABUMI1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Gempa tektonik dengan kekuatan 4,1 Skala Richter (SR) menggunacang Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu, 23 September 2017 (23/9/2017) sekitar pukul 08.41 WIB.

Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan seperti dikutip dari Okezone.com mengatakan dari posisi episenternya, gempa itu berada pada koordinat 1,53 derajat lintang utara dan 99,54 derajat bujur timur.

Sedangkan secara geografis posisinya berada di kawasan Aek Godang atau pada jarak 11 km arah barat daya dari Padang Lawas Utara dengan kedalaman 20 km.

Baca juga: Inilah Penyebab Sumatera Disebut Wilayah Rawan Gempa

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di kawasan Aekgodang dan sekitarnya dengan intensitas gempa bumi II SIG-BMKG (III-IV MMI).


Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa tersebut berada pada Zona Sesar Lokal di sekitar Segmen Angkola dengan karakteristik sinyal berupa gempa tektonik.

Pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar wilayah Aek Godang dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangung jawab. Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan pemerintah daerah dan BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa susulan dari BMKG.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id