Aktual, Independen dan Terpercaya
´╗┐

Kompak, Syamsuar dan Harris Sempatkan Salam Komando saat Pelepasan JCH

Bupati-Siak-dan-Pelalawan-Salam-Komando.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

Laporan: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Siak dan Pelalawan tergabung dalam kloter 6, Jumat, 4 Agustus 2017, dari Embarkasi Batam, dilakukan Bupati, Siak Syamsuar, dan HM Harris, di Asrama Haji Batam.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau, sekaligus Ketua PPIH Embarkasih Batam, Marwin JamaL dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini dari embarkasi Batam sudah melepas 2.421 orang JCH ke Madinah.

"JCH tergabung dalam kloter 6 ini akan diberangkatkan pada pukul 23.00 WIB menuju Madinah, dan diperkirakan sampai pada 5 Agustus, sekitar pukul 04.20 waktu Arab Saudi," kata Marwin.

Baca Juga: Lagu "Tuhan" Potret Hidup Syamsuar, Dari Buruh Batubara Menuju Pemimpin Daerah

Kloter 6 ini berjumlah 446 orang dengan rincian Kabupaten Siak 252 orang, sedangkan Pelalawan 189 orang. Sejauh ini JCH asal Siak berjumlah 252 dalam kondisi sehat walafiat.

Jika tidak ada aral, sambung Marwin, pada 13 September mendatang JCH Kloter 6 ini sudah kembali ke tanah air pukul 23.00 WIB di Batam. "Di Madinah Kloter 6 ini ditempatkan pada pemondokan di Azaziah, rumahnya 411," kata Marwin.

Sementara itu, Bupati Siak, Syamsuar, dalam sambutannya sebelum melakukan pelepasan mengucapkan syukur karena para calon haji dari Siak dan Pelalawan dalam keadaan sehat. Ia mendoakan semoga semuanya menjadi haji dan hajah yang mabrur.

Selain JCH ini memunaikan ibadah haji, kata Syamsuar, juga diharapkan membawa nama baik Indonesia. Apalagi JCH terbanyak berasal dari Indonesia.

"Jemaah haji Indonesia adalah jemaah yang paling patuh dengan peraturan, baik dengan peraturan Indonesia maupun pemerintah Arab Saudi," kata Syamsuar.

Ia mengatakan, jangan khawatir dengan cuaca, karena Allah akan selalu melindungi JCH. Perlu diperhatikan, ikuti petunjuk tim medis dan pemerintah. :Harus pandai-pandai mengsesuaikan kondisi kesehatan dengan cuaca di tanah suci," tuturnya. 

"Kami hanya bisa mendoakan dan melepaskan JCH, dan karena kita satu kloter serta punya niat yang sama, tolong-menolong sesama JCH sangat diharapkan. Selain itu, juga diharapkan saling mengingatkan," ungkap Syamsuar.

Usai menyampaikan sikapur sirih, dengan ridho Allah dan mengucapkan Bismilah, JCH kloter 6 dilepas Syamsuar. Pelepasan JCH Siak dan Pelalawan ini ditandai dengan penyerahan bendera Indonesia kepada Ketua Kloter 6.

Klik Juga: Sudah 7 Bulan Pemkab Pelalawang Nunggak Listrik Senilai Rp 3,5 M Ke PLN

Pelepasan JCH ini diawali d