Negara Ini Kelabakan Saat Indonesia Tak Lagi Impor Beras

Beras-Impor.jpg
(POTRETNEWS.COM)

RIAU ONLINE - Sejumlah negara kerepotan karena Indonesia sudah tidak lagi mengimpor beras. Satu di antaranya adalah Thailand, negara yang biasa mengekspor beras ke Indonesia.

"Mereka bilang kerepotan karena Indonesia tak ekspor beras lagi," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dilansir dari Tempo.co, Senin, 27 Maret 2017.

Amran mengatakan, perwakilan Thailand menyampaikan pihaknya mulai kerepotan karena Indonesia adalah ekspor beras mereka. Hal itu disampaikannya saat Wakil Jusuf Kalla menyambut kunjungan mereka beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, langkah Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhan berasnya dan tak lagi mengimpor beras mendapat apresiasi dari FAO, sebuah lembaga PBB, dalam kunjungannya.


Baca Juga: Riau Defisit Beras 326 Ribu Ton

Menurut Amran, impor komoditas pangan sangat erat kaitannya dengan harga diri bangsa. Jika ingin dihargai bangsa lain, tutur dia, maka harus bisa memenuhi kebutuhan sendiri.

"Melalui pangan bisa terhindar di mata dunia," katanya.

Amran menyebutkan tahun ini dan tahun lalu tak ada cerita mengenai impor beras. Ia berharap langkah ini terus-menerus terjadi. "Ini kehormatan untuk anak-cucu kita, tak ada impor beras, kalau mau pasti bisa," ujarnya.